Ringankan Beban Warga di Bulan Ramadhan,PCNU Kabupaten Cirebon Gelar Pasar Murah Ramadan NU



Cirebon, Beritainspiratif.com – Untuk meringankan beban masyarakat pada saat bulan puasa ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon mengadakan kegiatan operasi pasar murah (OPM) yang akan dilaksanakan di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Rangkaian kegiatan OPM Ramadhan 2019 ini, diawali dari Kecamatan Dukupuntang, masyarakat Desa Mandala, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Nampak antusias mengikuti jalannya OPM yang digelar pada , Sabtu (11/5/2019).

Turut hadir dalam pembukaan rangkaian OPM ini, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani Amin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Hj Yuningsih, Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, dan Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Arh Adhi Kurniawan. Tampak pula Ketua Badan Amil Zakat Infak dan Sodakoh Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon H Budiman Mahfudz, perwakilan Camat Dukupuntang, dan Kuwu Mandala.

Dalam sambutannya Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi mengatakan, OPM Ramadhan 2019 merupakan tahun ketiga. Setiap tahun jumlah kecamatan sasaran dan cara pelaksanaannya terus ada perbaikan dan penambahan.

Kegiatan ini penanggung jawab utamanya adalah Lembaga Perekonomian (LP) PCNU Kabupaten Cirebon dan dibantu Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodakoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PCNU, Lembaga Takmir Masjid (LTM) PCNU, dan Lembaga Dakwah (LD) PCNU.

“Tugas LPNU menyiapkan logistik mulai dari permodalan, belanja hingga packing. LAZISNU mengumpulkan dana dari Aghnia dan lembaga lain untuk mensubsidi harga agar lebih rendah dari warung atau tokoh setempat, sedangkan LTM juga melakukan bersih-bersih masjid yang berada di lokasi OPM,” ujar pria yang akrab disapa Kang Aziz itu.

Kang Aziz mengaku bangga sekaligus mengapresiasi semangat jajaran pengurus lembaga-lembaga di bawah naungan PCNU yang penuh semangat menyelenggarakan OPM Ramadhan di 20 titik atau kecamatan. Pasalnya, untuk sekelas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon saja hanya bisa menyelenggarakan 2 titik.

Menurutnya, OPM Ramadhan 2019 belanja grosir di sejumlah penjual sejumlah kebutuhan yang dijajakan. Dari harga itu, PCNU melalui lembaga-lembaganya menyubsidi harga, sehingga lebih murah dari grosir. Tetapi, besaran subisidi akan sangat bergantung pada partisipasi para dermawan, lembaga-lembaga yang peduli, dan penggalangan dana di internal warga NU.

“Di antaranya partisipasi dari Baznas, Polres Cirebon, BMT NU Sejahtera, dan lainnya. Partisipasi tersebut dialokasikan untuk subsidi harga serta keperluan operasional dan teknis kegiatan, karena NU kan lembaga nonbisnis,” lanjutnya.

Dengan OPM Ramadhan 2019 ini, pihaknya berharap NU dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan jelang Lebaran dengan harga lebih murah dari warung, toko, maupun pasar. Dengan ini, PCNU telah ikut berpartisipasi dalam ikut menyeimbangkan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan.

Pihaknya berharap selama bulan Ramadhan ini tidak ada spekulan yang seenaknya memainkan harga sehingga mencekik umat Islam dalam memenuhi kebutuhannya. “Kami juga berharap pihak kepolisian terus mengawasi agar tidak ada spekulan memainkan harga,” sambungnya.

[Dekur]

Berita Terkait