Rika Rafika Rilis Album 'Labbaik' Terinspirasi dari Perjalanan Umroh



Bandung, Beritainspiratif.com - Melakukan perjalanan haji atau umroh setiap orang pasti menyisakan pengalaman2 spiritual tersendiri, banyak hikmah, yang membuat kita lebih tawadhu dan lebih bisa muhasabah diri.

Begitupun bagi dua seniman sunda asal Bandung yang terkenal ini yakni Rika Rafika (penyanyi) dan Yayan Jatnika (pencipta lagu), mereka justru menuangkan pengalaman selama melakukan perjalanan ibadah umroh dalam lirik lagu hingga lahirlah single 'Labbaik'.

Yayan Jatnika

Yayan Jatnika sang pencipta lagu 'Labbaik'. Foto : ist

Yayan Jatnika adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu merupakan pelantun lagu hit 'curug cindulang', 'hayang kawin' dan sederet lagu hit lainnya yang tidak asing bagi para pecinta lagu sunda.

Bila kita mengenal penyanyi sunda terkenal mendiang Darso yang wafat tahun 2011, ia adalah paman dari Yayan Jatnika yang juga dilahirkan dilingkungan musik calung.

Yayan pun banyak membuat album diantaranya album panineungan almarhum Darso yakni album 'deungdeuleueun' yang terdiri dari 9 lagu diantaranya 'idola nyentrik', dengdeuleueun', 'kantun sora jeung gambar' dan lainnya.

Yayan pun banyak didaulat orang sebagai pengganti Darso oleh banyak kalangan yang kelak akan meneruskan sebagai seniman sunda melanjutkan jejak almarhum Darso.

Rika Rafika

adalah penyanyi sunda terkenal yang belajar seni secara otodidak dan mengawali karirnya sebagai seorang penari.
Perjalanan karir Rika dimulai sejak kelas 3 SD, dengan meraih berbagai kejuaraan baik tingkat jawa barat maupun di ajang nasional.

Rika Rafika yang juga lulusan pasca sarjana (S2) ilmu komunikasi Unpas Bandung, memiliki suara lembut yang sesuai dengan ciri khas penyanyi sunda, ia pernah didaulat jadi duta budaya, membawakan budaya sunda di berbagai negara seperti eropah timur, perancis, jepang, korsel dan amerika serta Inggris.

Selain sebagai penyanyi Rika juga menggeluti dunia presenter. Rika memulai karir di dunia rekaman sejak tahun 1996. Karir profesionalnya mulai melejit sejak tahun 2006 setelah memandu acara "Dalingding Asih" sekaligus merilis album sesuai dengan acara yang di bawakannya.

Sejak saat itu hampir semua album yang Rika rilis menjadi lagu hits di panggung musik pop Sunda, diantaranya 'dalingding asih', 'bentang midang' 'rujak cuka', tanda cinta, cimata Cinta, Bangbung Hideung-Banondari, dan terakhir karedok leunca.

Baca Juga:Rika-Rafika-antara-karir-dan-pendidikan-jalan-beriringan

Medio 2019 Rika Rafika kembali merilis single pop Sunda yang berjudul 'Labbaik' karya Yayan Jatnika, berikut perbincangan kami saat dihubungi melalui telepon bersama Beritainspiratif.com, kamis, (8/8/2019).

Lahirnya Single 'Labbaik'

Pertemuan Rika Rafika dan Yayan Jatnika pada awalnya hanya berbagi kisah tentang perjalanan umroh.

"semula kita hanya sharing seputar pengalaman yang sama dalam menjalankan ibadah umroh" ungkap Rika tentang lahirnya lagu ini.

Dari berbagi pengalaman umroh tersebut akhirnya sepakat untuk dituangkan dalam bentuk lirik lagu dengan judul 'Labbaik'

"kisah tersebut lalu dituangkan dalam bentuk syair lagu, yang berkisah tentang rasa syukur nikmat menjadi tamu Allah, yang tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama seperti yang Allah anugerahkan kepada umat umat terpilihnya. Rasa sukacita, sangat terasa terutama ketika menginjakan kaki di tanah suci, bisa bermuhasabah diri di hadapanNya, dan tawadhu di depan Kabah almusyarofah, Allahuakbar ", ujar Rika tentang makna lagu tersebut.

Ditanyakan terkait harapannya dengan single lagu tersebut, Rika menegaskan bahwa lagu ini sebenarnya tidak temporary untuk momen ibadah haji saja, melainkan ibadah umroh juga, mengingat Indonesia, khususnya Jawa Barat adalah negara yang banyak memberangkatkan jamaah baik haji maupun umroh ke tanah suci.

"Diharapkan dengan single lagu baru ini, bisa menjadi lagu yang bisa mengingatkan tentang kebesaran Allah dan lagu pengantar sepanjang masa, bagi jamaah yang melaksanakan ibadah haji atau umroh", harap Rika.

Terkait launching lagu ini, Rika mengatakan bahwa lagu ini telah dirilis.

"Single lagu ini mulai dirilis bertepatan dengan waktu pemberangkatan jamaah haji kloter pertama 2019", pungkas Rika

Yanis

Berita Terkait