Ridwan Kamil Sebut 3 Tahapan dalam Mengembangkan Desa Digital di Jabar



Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki misi sebagai Provinsi Digital Indonesia. Untuk itu saya titip kepada Telkom University, Bandung mendukung misi pemerintah merubah Indonesia melalui Jawa Barat, untuk mengembangkan desa digital di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Emil sapaan Ridwan Kamil saat memaparkan topik tentang “Aplikasi Smart City di Kota Bandung dan Rencana Implementasi Smart City 5 Tahun Mendatang di Jawa Barat” pada acara Leader’s Talk Bandung ICT Expo 2018 yang digelar di Trans Convention Center, Bandung, Jumat (28/9/2018).

Program aplikasi yang dimaksud Emil untuk membuat pelaksanaan kinerja di lingkungan Provinsi Jawa Barat berjalan lebih efektif dan efisien.

Terbukti di Pemerintah kota Bandung, pemanfaatan aplikasi digital smart city telah membawa perubahan Kota Bandung dari nilai akuntabilitas C menjadi A dalam waktu 2 tahun.

Dan menjadikan Bandung sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang nilai akuntabilitasnya A serta 80% faktornya karena pemanfaatan Digital Governance.

“Ridwan Kamil mengatakan Ada 3 tahap dalam membangun Smart City yang baik”

Pertama, Smart City 1.0 yang mendigitalisasikan segala yang berbentuk manual menjadi digital.

Kedua, menuju Smart City 2.0 sebuah interaksi yang dibangun dengan masyarakat secara online atau digital.

Ketiga, Smart City 3.0 dimana sebuah kota sudah dikatakan maju dalam segala aspek.

“Pada saat ini posisi Jawa Barat masih dalam tahap pengembangan Smart City 2.0, dan hal ini menjadi target Pemerintah Provinsi Jawa Barat baik kota maupun desa untuk mengaplikasikannya.“ tandasnya.    (Yanis)

Berita Terkait