Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Sukseskan Earth Hour



Bandung, Beritainspiratif.com –Kandidat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak semua pihak mendukung Earth Hour atau Jam Bumi dengan memadamkan lampu listrik selama satu jam pada Sabtu malam (24/3), mulai pukul 20.30 waktu setempat.

“Mari kita turut mematikan lampu. Ini kegiatan positif yang perlu kita support,” kata Kang Emil, sapaan akrab Walikota Bandung yang sedang cuti itu, Sabtu (24/3).

Earth Hour adalah kegiatan yang diprakarsai oleh World Wide Fund for Nature (WWF), dilakukan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun. Kegitaannya berupa pemadaman lampu listrik selama satu jam, untuk meningkatkan kesadaran perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Ketika Earth Hour pertama kali diselenggarakan pada 2007, sebanyak 2,2 juta orang penduduk Sydney, Australia, mematikan lampu – lampu yang tidak diperlukan. Tahun berikutnya, 2008, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi.

Kang Emil menuturkan, dengan memadamkan lampu listrik selama satu jam kita telah menghemat energi, walau tidak terlalu besar. Namun jika pemadaman dilakukan serentak secara global, maka penghematannya besar sekali.

“Tapi yang lebih penting dari kegiatan ini yaitu menyadarkan kita semua akan terjadinya perubahan iklim akibat pemanasan global. Penghematan energi listrik, bisa menekan laju peningkatan pemanasan global atau global warming, “ ujarnya.

Perubahan iklim, kata Kang Emil, sudah mulai dirasakan seperti pergantian musim atau cuaca yang sulit di prediksi. “Dulu siklusnya jelas, kapan musim kemarau, kapan penghujan. Sekarang sudah mulai ngacak,” ujar dia.

Tahun ini, Earth Hour di Indonesia menjadi special karena WWF Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), akan mematikan lampu penerangan dan dekorasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selama satu jam, mulai pukul 20.30 WIB.

‘Ayo kita semua ikut memadamkan lampu – lampu yang tidak diperlukan,” kata Kang Emil.

Terkait masalah energi, Kang Emil menuturkan, jika dirinya terpilih menjadi gubernur akan mengembangkan energi baru dan terbarukan di Jawa Barat. “Itu meliputi energi potensial air, energi surya, angin dan bioenergy,“ katanya.

(Yones)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta