Ribuan Warga Cirebon dan Sekitarnya Padati Kompleks Astana Gunung Jati

Cirebon,Beritainspiratif.com – Ribuan masyarakat dari Cirebon dan luar Cirebon memadati kompleks makam Sunan Gunung Jati yang berada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Rabu (12/6/2019).

Kehadiran masyarakat tersebut guna mengikuti prosesi Grebeg Syawal yang dilaksanakan oleh Keraton Kanoman Cirebon.

Prosesi Grebeg Syawal Keraton Kanoman diawali dari dalam Keraton Kanoman yang mana rombongan dari Keraton Kanoman yang dipimpin oleh Pangeran Patih, Pangeran Raja Moch Qodiran

Seletah mendapat restu dari Sultan Kanoman, rombongan bergerak menuju Astana Komplek makam Sunan Gunung Jati.

Sesampainya di kompleks pemakaman, rombongan sudah disambut oleh ribuan warga masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi.

Rombongan kemudian melanjutkan prosesi Grebeg Syawal dengan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati dan beberapa tokoh penting lainnya yang turut mendirikan Kerajaan Cirebon dari zaman ke zaman.

“Saya dari Indramayu mas, sengaja mengikuti Grebeg Syawal ini, hanya ingin berziarah dan ngalab berkah dengan bertemunya keluarga Keraton Kanoman,” ujar Siti salah satu pengunjung.

Siti mengaku datang ke kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati ini sejak subuh.”Harapannya mendapat berkah, sehingga kehidupan saya lebih baik lagi,” tambahnya. (Dekur)

Bagikan: