RI-Tiongkok Tandatangani Nota Kerja Sama Geopark Toba dan Yandangsan



Italia, Beritainspiratif.com - Disela-sela kegiatan konferensi internasional geopark global Unesco ke-8, Indonesia yang diwakili oleh General Manager (GM) geopark Kaldera Toba Hidayati dan GM geopark Yandangshan Zhu Xiao Kung menandatangani kesepakatan kerjasama diantara dua institusi tersebut. Nota kerja sama yang ditandatangani Italia, Rabu (12/9) berisi tentang ketentuan mengenai kerja sama teknis antar dua institusi pengelola geopark.

Penandatangan nota kerja sama ini disaksikan oleh delegasi dari Tiongkok dan delegasi RI yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Elvy Wijayanti serta Kabiro Informasi dan Hukum Latief Nurbana.

GM Danau Kaldera Toba Hidayati usai penandatanganan mengatakan bahwa kerja sama antar kedua lembaga tersebut beragam bentuknya.

"Kami sepakat untuk saling bertukar pengalaman tentang pengelolaan geopark, perlindungan warisan geologi, pelatihan staf, marketing dan promosi, serta pengembangan pariwisata dan jejaring," sebut dia dalam siaran pers yang diterima Beritainspiratif.com, Kamis (13/9).

Dalam waktu dekat, menurut Hidayati, kedua institusi ini akan menyusun rencana kerja sama tahunan serta teknis pertukaran. "Ranah pertukaran ini terkait pengelolaan geopark, sharing hal teknis dan profesional, serta saling membantu promo masing partner geoparknya," jelas dia.

Lebih jauh, Hidayati menambahkan bahwa kerja sama antar geopark yang telah tergabung dalam jaringan geopark global UNESCO merupakan kewajiban. "Hal ini penting untuk pengembangan geopark-geopark yang telah tergabung dalam jaringan UNESCO," pungkasnya. (Yones)

Berita Terkait