Reuni Akbar SMEAN/SMKN 1 Cianjur 2019 : Sekolah Gratiskan Ijasah Bagi Alumni Tahun 1971 - 2015



Cianjur, Beritainspiratif.com – Reuni Akbar 2019 seluruh angkatan sejak 1970 hingga 2018 yang dihadiri hingga 1.500 Alumni ini terdiri dari 48 angkatan dari Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Atas Negeri 1 Cianjur (SMEAN1) atau yang saat ini bernama Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri 1 (SMKN1) Cianjur, digelar di gedung serba guna Kampus 2 SMKN1 Jalan Pangeran Hidayatulloh No.67 Cianjur, pada Sabtu, (8/6/2019).

Acara yang di sajikan dalam kemasan ‘dari Alumni untuk Alumni’ mengambil tema “ Reuni Akbar menjadi momentum yang pass untuk mengikat serta tali sillaturahmi dan kebersamaan sesama Alumni” ujar Panitia Reuni Akbar Asep Burhanudin, saat ditemui di lokasi.

Baca Juga:Reuni-akbar-smean-smkn-1-cianjur-seluruh-angkatan-1970-2018-akan-dihadiri-1-500-alumni

Usai pembacaan ayat suci al quran, acara ini juga turut dipandu oleh Icang Sunarya (Alumni 76) dalam tawasulnya menyampaikan pesan pentingnya mempererat tali sillaturahmi dan kebersamaan sesama alumni. Selain itu Icang juga mengajak kepada para Alumni untuk turut mendoakan kepada kepala sekolah dan guru-guru yang telah berjasa dalam membangun serta memajukan sekolah ini, tuturnya.

Selain itu hadir dan menyampaikan sambutan dalam acara Reuni Akbar tersebut adalah Yedi Jupriadi (87) selaku Ketua IKA Alumni SMEAN1/SMKN1 Cianjur, Perwakilan Alumni Deni Subandi (angkatan 81), S.M. Anwar Kepala Sekolah SMEAN1/SMKN1 Cianjur dan Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman.

Usai Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman memberikan sambutan, para alumni diberi kesempatan untuk melakukan foto bersama Bupati Cianjur untuk selanjutnya meninggalkan lokasi acara mengikuti kegiatan di hari yang sama.

Panitia yang mengexpose dan memberikan kesempatan kepada seluruh Alumni per angkatan, memberikan kesempatan pertama kepada Alumni angkatan 81 mengisi spontanitas melalui yel yel nya dipimpin oleh koordinator angkatan 81 Yus Ruslan.

Dan acara pun bergulir dengan sendirinya, hingga masing-masing angkatan menampilkan kebolehannya melalui lagu, yel-yel dan spontanitasnya, seperti yel yel dari angkatan 73, angkatan 84, angkatan 80, angkatan 95, angkatan 2001 yang menggubah lagu ‘Lagu Syantik’ dan tampil enerjik serta dilanjutkan penampilan angkatan lainnya.

Dalam kesempatan acara tersebut pihak panitia juga memberikan apresiasi melalui cindera mata kepada beberapa Alumni yang mengabdikan diri sebagai guru di SMEAN1 / SMKN1 Cianjur.

Drs. S.M. Anwar yang merupakan asli Cianjur dan Kepala Sekolah SMEAN1/SMKN1 Cianjur yang ke-8 dalam kesempatan sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kami telah menerapkan motto 3 S yakni Salam, Senyum dan Sapa, hal tersebut dapat dilakukan secara langsung atau melalui WA.

Disampaikan lebih lanjut S.M. Anwar bahwa saat ini SMKN 1 Cianjur telah menerapkan dan berbasis IT baik untuk rapot, kehadiran siswa maupun kelulusan.

“Di SMKN1 Cianjur pada saat pengumuman kelulusan, siswa kami tidak ada yang melakukan corat-coret dan konvoi dijalanan, akan tetapi siswa cukup menunggu di rumah melihat di internet selanjutnya print” tegas Anwar.

S.M. Anwar juga meminta dukungan kepada para alumni dan pengurus IKA SMEAN1 / SMKN1 Cianjur yang terpilih untuk dapat membantu menyelesaikan ruangan atau gedung serba guna yang baru selesai 20% bahkan jika perlu dapat dikelola dan dikerjakan oleh alumni, tambah Anwar.

Pada bagian akhir ditegaskan S.M. Anwar bahwa sejak tahun 1971 – 2015 tercatat sebanyak 124 Alumni yang belum melakukan pengambilan ijasah. Untuk itu pihak sekolah mengambil kebijakan untuk membebaskan biaya pengambilan Ijasah kepada 124 Alumni tersebut.

“Kami menghimbau kepada para alumni melalui pengurus IKA SMEAN1/SMKN1 Cianjur untuk mendorong para alumni mengambil ijasahnya, dan ini gratis,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut secara spontanitas dilakukan juga pengumpulan dana dari para alumni untuk pembangunan gedung serba guna dan ruang lainnya di sekolah tersebut.

Disela acara Reuni Akbar ini juga diumumkan hasil pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMEAN1/SMKN1 Cianjur yang baru yang terpilih yakni Yus Ruslan (Alumni angkatan 1981) untuk periode 2019 – 2024. Acara diakhiri dengan foto bersama per angkatan dan 5 angkatan. (Yanis)

Berita Terkait