Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/var/tmp/#sql_19aa6_0.MAI' (Errcode: 28 "No space left on device") in /home/client/beritainspiratif/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2030
Respon Tantangan Revolusi Industri ke 4, UPI Buka 6 Prodi Baru | Berita Inspiratif | Seinpiratif Beritanya
Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/var/tmp/#sql_19aa6_0.MAI' (Errcode: 28 "No space left on device") in /home/client/beritainspiratif/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2030

Respon Tantangan Revolusi Industri ke 4, UPI Buka 6 Prodi Baru

Bandung, Beritainspiratif.com – Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof.Dr HR. Asep Kadarohman mengatakan peran pendidikan dalam meningkatkan daya saing bangsa, sangat penting terutama pada era revolusi industri ke empat.

Untuk merespon hal itu, UPI tahun ini membuka enam program studi (prodi) baru. Keenam prodi antara lain Pendidikan Multi Media, Desain Komunikasi Visual dan Kewirausahaan.

“Untuk merespon tantangan tersebut, kami membuka prodi baru pada sejumlah kampus daerah, sekaligus memenuhi kebutuhan guru produktif,” kata Rektor pada Dies Natalis ke 64 di kampus UPI Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Jum’at (19/10/2018).

Menurut Rektor, pihaknya juga sedang mengkaji model kurikulum seperti apa yang cocok dikembangkan untuk UPI dalam merespon revolusi industri keempat.

“Melalui kajian ini, kami harapkan civitas academika berubah mainsetnya, dalam arti memahami pentingnya era revolusi industri keempat,” ujarnya.

Saat ini ungkap Rektor, UPI membuka 140 prodi yang tersebar di 8 fakultas, sekolah pasca sarjana dan 5 kampus di daerah. Dari 140 prodi, 82 prodi terakreditasi A. Sementara jumlah mahasiswa tercatat 37.266 orang, 170 orang diantaranya mahasiswa asing dari 30 negara.

Dijelaskan Rektor, selama ini UPI memberikan beasiswa kepada 7.442 mahasiswa berprestasi dengan total nilai Rp26,6 milyar.

Disamping itu, memberikan bantuan kepada mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu membayar uang kuliah atau SPP.

“Kami punya dana abadi. Tidak boleh ada mahasiswa tidak dapat mengikuti kuliah karena tidak dapat bayar SPP,” tegas Rektor.        (Ida)

Bagikan: