Resmikan Taman Batu dan Display Gading Stegodon, Rektor ITB Ingin Beri Wawasan yang Lebih Luas



Bandung, Beritainspiratif.com - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Kadarsah Suryadi meresmikan taman batu geologi dan display fosil gading stegodon di halaman gedung geologi ITB Jalan Ganesha Nomor 10, Kota Bandung pada Jumat (21/12/2018).

Taman batu geologi ITB menyajikan kumpulan seri batuan dari daerah Karangsambung, Jawa Tengah tempat mahasiswa geologi melakukan kuliah lapangan. Karangsambung secara geologi unik karena merupakan contoh subduksi yang sudah mati dan menjadi fosil.

"Di taman batu geologi ini akan bisa menjadi wahana edukasi baik bagi mahasiswa juga masyarakat lain yang ingin tahu seperti apa seri batuan yang ada di sini," ungkap Kadarsah.

Sementara itu terkait dengan fosil stegodon, yang ditemukan di daerah Majalengka, Jawa Barat, fosil stegodon tersebut merupakan gading yang berusia sekitar 1,5 juta tahun lalu.

"Fosil gading stegodon yang didapatkan dengan proses yang cukup panjang dan pengangkatan fosil juga tidak mudah. Cuaca buruk dan banjir bandang sempat menjadi halangan sebab lokasi ditemukan berada di sekitar aliran sungai," ungkapnya

Dengan peresmian tersebut pihaknya berharap tidak hanya melakukan penelitian-penelitian tapi juga bisa bermanfaat untuk masyarakat luas dalam menambah wawasan terkait biologi khususnya.

(Tito)

Berita Terkait