Relokasi Makam Leluhur, Wujud PT Indocement Memuliakan Leluhur

Cirebon,Beritainspiratif.com – Makam buyut Mulangi salah satu leluhur dari warga desa Cikesal, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu tempat yang disaktalkan oleh waga setempat.

Dengan kesepakatan bersama antara pihak PT Indocement, Muspika, ahli waris dan masyarkat lainnya, makam Buyut Mulangi dipindahkan dari tempat awal ke Blok Alang-alang desa Cikesal.

Sbanyak 452 tim pengamanan terpadu dari Polres Cirebon, Brimob, Kodim 0620, Koramil Palimanan, Polsek Gempol dan Satpol PP Kecamatan Gempol melaksanakan Apel Terpadu Pengamanan Relokasi Makam Buyut Mulangi yang dilaksanakan Senin (22/7/2019).

Sebelum pemindahan dilakukan kegiatan tahlilan, penggalian makam lama dan baru serta pemindahan yang dilaksanakan oleh keluarga ahli waris dan masyarakat desa cikeusal.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto yang hadir dalam kegiatan tesebut mengatakan, kepada seluruh tim pengamanan untuk pelaksanaan relokasi makam buyut mulangi selama tiga hari dari tanggal 22-24 Juli 2019.

“Kami menyiapkan titik pengaman di makam Buyut Mulangi, pos Legok, balai desa Cikeusal dan lokasi makam baru di blok Alang-alang dan pengamanan jalur pemindahan makam sehingga semua kegiatan pemindahan bisa dipantau oleh semua tim pengamanan dan sekecil apapun kagiatan ini bisa terlaporkan oleh pihak polres,” ujar Kapolres.

Indocement telah menyiapkan lokasi baru untuk relokasi di Blok Alang-alang Desa Cikeusal seluas 1200 M2, pengganti Makam Buyut Mulangi yang lama (174 M2) yang terletak di Blok Cicariu Desa Cikeusal Kec. Gempol Kab. Cirebon dan lokasi baru berencana dijadikan tempat wisata religi sehingga pejiarah lebih nyaman.

Otto Ahadijat (Assistant to General Manager) menyampaikan bahwa relokasi makam Buyut Mulangi ini telah disepakti bersama pada saat sosialisasi di Kantor Balai Desa Cikeusal (08/07) yang dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai elemen masyarakat, ahli waris makam Buyut Mulangi, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Muspika dan Indocement.

Otto Ahadijat berharap pelaksanaan relokasi makam keluarga buyut Mulangi berjalan lancar dan kondusif karena semua unsur telah mendukung dengan rencana relokasi makam Buyut Mulangi.

“Semoga pelaksanaannya berjalan lancar tanpa hambatan, mengingat Indocement selama ini juga sangat responsif terhadap kepentingan masyarakat sekitar pabrik,” tandasnya. (Dekur)

Bagikan: