Relaksasi Ekonomi Pasca PSBB Kota Bandung, Maksimal Hanya 60%



Bandung, Beritainspiratif.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan penyebaran virus corona atau covid-19 di 30 kecamatan terus mengalami kenaikan namun bergerak pelan. Berdasarkan data covid-19 hingga hari ini jumlah positif corona mencapai 300 orang.

"Di Bandung belum datar banget (kurva) tapi mendekati ke datar, saya harapkan terus begini tapi kalau turun, saya belum dapatkan data itu. Bahasa moderatnya terkendali," ujarnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Rabu (27/5/2020) petang.

Menurutnya, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung terus melakukan tracing dan memaksimalkan laboratorium yang bisa menguji sampel sebanyak 200 per hari. Termasuk tiap unsur kewilayahan harus mengetahui kondisi penyebaran di daerahnya.

Ditengah penyebaran covid-19 yang bergerak pelan, pihaknya melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir 29 Mei mendatang. Menurutnya, terdapat beberapa opsi yang akan diusulkan kepada Wali Kota Bandung.

"Bagaimana kita mengevaluasi selama PSBB tetap tiga pendekatan dari dimensi kesehatan, pelaksanaan PSBB non kesehatan dan JPS (jaring pengaman sosial) termasuk juga menyiapkan bahan kebijakan apabila disetujui pimpinan terutama kegiatan relaksasi di dimensi ekonomi yang akan dilakukan,"jelasnya.

Ema mengatakan, skenario usulan relaksasi ekonomi pasca PSBB tidak akan 100 persen namun bertahap dan maksimal hanya 60 persen. Selain itu, skenario lainnya yang dibahas terkait sektor pendidikan, transportasi, keagamaan serta kegiatan bekerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tergantung pimpinan (usulannya diterima atau tidak,) kita menyiapkan pimpinan yang memutuskan," katanya.

Selain itu, terkait harapan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) meminta, di Bandung agar mal buka pasca PSBB, Ema mengungkapkan keinginan para pengusaha menjadi bahan pertimbangan pemerintah. Menurutnya, jika PSBB tetap dilanjutkan maka mal tetap tidak bisa beroperasi.

Ia pun meminta agar masyarakat berpartisipasi dalam upaya menekan penyebaran covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjalankan protokol kesehatan.

"Tolong respon kesadaran masyarakat harus maksimal juga. Segimana kita kerja keras, kalau masyarakat masa bodoh susah juga," katanya.

Terkait new normal, Ema mengaku pemerintah masih mempelajari kebijakan tersebut. Ia menyebutkan jika pengendalian virus di Kota Bandung saat ini cukup baik sehingga sektor lain seperti ekonomi, sosial dan budaya bisa bergerak lagi.

(Mugni)

Berita Terkait