Rektor UGM : Era Kontemporer Tantangan Bagi 918 Wisudawan Program Pascasarjana

Yogyakarta, Beritainspiratif.com – Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., mewisuda dan meluluskan 918 wisudawan program pascasarjana. Mereka terdiri dari 790 lulusan program magister (S2), 80 orang lulusan spesialis serta 48 orang lulusan doktor. Masa studi rerata untuk lulusan S2 adalah 2 tahun 3 bulan, lalu program spesialis 4 tahun 10 bulan dan program doktor adalah 5 tahun 2 bulan.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., Ph.D., dalam pidato sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yeng telah menyelesaikan pendidikan program pascasarjana di kampus UGM. Rektor berpesan agar para wisudawan tidak lekas berpuas diri atas pencapaian prestasi akademiknya, namun semakin terus mengembangkan diri dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk kemajuan masyarakat. “Tantangan yang saudara hadapi saat ini sungguh berbeda dengan tantangan di era sebelumnya,” kata Rektor yang dilansir dari laman resmi UGM.

Persoalan kemiskinan, keterbatasan akses terhadap dunia pendidikan, perselisihan antar umat beragama, kata Rektor, merupakan beberapa contoh kecil persoalan era kontemporer yang memerlukan peran pemuda untuk ikut serta membantu pemerintah menyelesaikannya. “Oleh karena itu, UGM sudah mempersiapkan pemuda yang memiliki semangat gotong royong, peduli akan rakyat kecil dan memberikan perhatian kepada mereka yang berada jauh dari hingar bingar kemajuan perkotaan,” katanya.

Bahkan lebih dari itu, ujarnya, di tengah masyarakat pun para mahasiswa ketika menimba ilmu di kampus diajak terbiasa untuk selalu mendengar, mengerti persoalan di masyarakat dan mencari solusi. “Bukan sekadar mengkritisi,”tuturnya.

Di tengah perubahan kemajuan teknologi revolusi industri, kata Rektor, UGM juga tengah mempersiapkan kemampuan mahasiswa melalui kegiatan program socioentrepreneurship serta penambahan kurikulum untuk memperkaya mahasiswa dengan berbagai kemampuan soft skill. “Karena di era dimana jenis pekerjaan dan peran SDM senantiasa berubah, lulusan UGM dituntut untuk selalu peka terhadap perubahan dan peluang yang ditawarkan oleh dunia kerja,” katanya.

Di akhir sambutannya, Rektor mengharapkan para wisudawan meraih prestasi gemilang di masa mendatang dengan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapatkan sebelumnya dari kampus. “Saya berharap, kehadiran saudara di tengah masyarakat dapat sungguh-sungguh memberi arti dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

(Yanis)

Bagikan: