Rektor IPB University, Prof Arif Satria Terpilih Sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia 2020



Bogor, Beritainspiratif.com - IPB menjadi tuan rumah Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XXII Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020 yang dilaksanakan secara virtual. Pada kesempatan konferensi ini Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dikukuhkan sebagai Ketua FRI 2020. 

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berkesempatan membuka acara Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020,  Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XXII Forum Rektor Indonesia 2020 bertajuk “Optimalisasi Gerakan Merdeka Belajar untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Demi Terwujudnya SDM Unggul dan Indonesia Maju” yang digelar pada Sabtu, 4 Juli 2020 dan diikuti lebih dari 600 pimpinan  perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Baca Juga:Tol-pandaan-malang-raih-sertifikat-green-toll-road-indonesia

Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 ini diisi dengan seminar. Seminar yang dipandu oleh Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan FRI 2019 dihadiri oleh lima narasumber, yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy, SPd, MAP, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof Dr Mohammad Mahfud MD, SH, SU, MIP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA, Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, ProfBambang P Soemantri Brodjonegoro, SE, MUP, PhD dan Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, SP, MSi. Sementara itu sambutan penutup disampaikan  oleh Menteri Sekretaris Negara, Prof Dr Pratikno, MSocSc.

Baca Juga:Ikuti Program Sedekah100 – Solusi Hutang Melalui Berbagi Sedekah

Tonton Juga: Keseruan Game Play Yang Terdampar di Pulau Kanibal by. The Forest Indonesia

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan bangsa ini membutuhkan sumberdaya manusia unggul, inovatif  dan kompetitif.

“Di sinilah posisi strategis perguruan tinggi untuk mencetak generasi muda yang produktif dan kompetitif yang akan berjuang untuk kemanusiaan dan kemajuan Indonesia. Tugas mulia tersebut tidak  bisa dilakukan dengan cara yang biasa-biasa saja. Untuk itu kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru dan strategi baru, “ ungkapnya. 

Prof Arif Satria memaparkan empat skenario bagi perguruan tinggi di masa depan.

Pertama, The future skill university yang fokus pada skill lulusan yang dihasilkan.

Kedua, The networked university terkait dengan institusi.

Ketiga, the lifelong higher learning skenario, model pembelajaran yang bisa menghasilkan pembelajar tangguh.

Keempat, The my university scenario, kurikulum yang ditentukan sendiri oleh perguruan tinggi.

“Inovasi juga harus dikembangkan dengan mengacu pada skill yang dibutuhkan di masa depan. Skill yang diperlukan bagi industri di masa depan yaitu leadership, partnership dan kolaborasi, inovatif dan kreatif, “ tandasnya.

Baca Juga:Mini-lab-food-kota-bandung-masuk-15-inovasi-terbaik-di-indonesia

Konferensi ini ditutup dengan Pengukuhan Arif Satria (Rektor IPB University) sebagai Ketua FRI 2020 dan terpilihnya Panut Mulyono, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Ketua FRI Terpilih 2021.

Ketua FRI 2020, Prof Dr Arif Satria, sebagaimana diungkapkan dilaman resmi IPB University mengatakan,  “Apa yang dipesankan oleh Presiden akan menjadi perhatian, catatan dan semangat bagi  pengurus FRI ke depan untuk mempertajam perannya dalam membawa manfaat untuk kemajuan perguruan tinggi di Indonesia.” (*)

Berita Terkait