Rektor Unpad Ingatkan agar Masyarakat Bisa Atasi Dampak Negatif Revolusi Industri



Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menggelar kuliah umum bertema Tantangan Pemuda Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, di Unpad Training Centre (UTC) di Jalan Dago nomor 4 Kota Bandung, Senin (12/11/2018).

Pantauan dilokasi, acara yang dimulai sekira pukul 11.00 WIB tersebut dihadiri sejumlah akademisi baik dosen maupun mahahsiswa Universitas Padjajaran.

Menurut keterangan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan terkait revolusi industri 4.0 banyak pihak yang membahas tentang manfaat dan sejauh mana kesiapan bangsa Indonesia melaksanakan hal itu.

"Kita sangat sering mendengar orang yang membahas tentang revolusi Industri 4.0 namun tidak banyak yang memahami berapa jauh dampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat," jelasnya saat sambutan.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, dengan datangnya revolusi industri memang memudahkan akses masyarakat pada kebutuhan sehingga bisa lebih cepat.

"Revolusi industri itu erat sekali kaitannya dengan urusan teknologi, kita sepakat bahwa hampir semua bidang kebutuhan manusia sekarang sudah digital, kebutuhan belanja, pabrik, konsumsi, informasi terutama," imbuhnya

Tri menegaskan yang perlu menjadi catatan adalah disamping ada dampak positif dari revolusi industri adapula dampak negatifnya

"Mungkin kebutuhan kita pada berbagai hal bisa lebih cepat, tapi ada fungsi humanis yang hilang, misal bila sekarang orang belanja sudah dengan alat smartphone bagaimana nasib para pekerja dibidang tersebut," tandasnya.  (Tito)

Berita Terkait