Rekor MURI Pembagian Sayur dan Buah Dari Jukung di Tepian Sungai Martapura



Banjarmasin, Beritainspiratif.com - Ribuan masyarakat memadati Siring Nol Kilometer di tepian Sungai Martapura di Banjarmasin dan berlomba-lomba untuk mendapatkan sayur-sayuran dan buah-buahan yang dibagikan secara gratis oleh para Paman dan Acil Pedagang Buah dan Sayur, yang berlangsung pada, hari Minggu, (24/11/2019).

Pembagian sayur-sayuran dan buah-buah tersebut digelar dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 dan juga dalam upaya Pemecahan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI).

Hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalsel, Siswansyah yang mewakili Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK, Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan Kepala Pusat Litbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan Balitbangkes Kemenkes RI, Sugianto.

Selain itu acara ini juga diikuti insan kesehatan, akademisi, siswa-siswi sekolah dan seluruh stakeholder kesehatan ini, bertujuan untuk percepat dan sinergikan upaya promotif dan preventif dalam mendukung kesehatan masyarakat di Banua.

Masyarakat begitu antusias dan suasana semakin meriah saat para Acil dan Paman Pedagang mulai merapat ke tepi sungai untuk membagikan Jeruk, mangga, pisang, kangkung, selada dan puluhan jenis sayur dan buah lainnya kepada warga masyarakat yang menanti di Siring 0 Kilometer.

Dilansir Banjarmasinpost.co.id, dari hasil verifikasi Panitia MURI, tercatat ada 374 Jukung dari target Rekor 350 Jukung yang terlibat dalam Pemecahan Rekor MURI di Kalsel kali ini. Artinya Pemecahan Rekor sah dan menjadi tambahan koleksi MURI yang dicapai Pemerintah Provinsi Kalsel.

Piagam Rekor MURI diserahkan Perwakilan MURI kepada Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Kalsel, Siswansyah dan diteruskan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H M Muslim sebagai pemrakarsa dan penyelenggara Pemecahan Rekor.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel sebagai motor rangkaian kegiatan ini juga sekaligus kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam seluruh rangkaian kegiatan.

Pembagian sayur dan buah dalam Pemecahan Rekor MURI menurutnya menjadi hal strategis untuk edukasi masyarakat Kalsel untuk konsumsi buah dan sayur lebih banyak. (Yanis)

Berita Terkait