Rekor MURI Merangkai Kaligraffi Alquran di Kanvas Jumlah Terbanyak



Malang, Beritainspiratif.com - Universitas Islam Malang telah merangkai kaligrafi Alquran yang berisi 30 juz ayat-ayat Alquran dengan tulisan tangan di atas 34 buah media kanvas berukuran 2,24 meter dan lebar 1,15 meter yang telah dibuatnya selama 1 tahun.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Hari Santri Nasional tahun 2018 dengan tema “Bersama Santri Damailah Negeri” diharapkan dapat merajut kebhinekaan dan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kaligrafi tersebut telah dipasang sejak Februari 2018, dan ditempatkan di seluruh gedung Kampus Universitas Islam Malang,

Dilansir dari laman Rekor MURI, kegiatan merangkai kaligrafi tersebut telah tercatat dalam Rekor MURI dengan Nomor 8699, dengan rekoris atas nama Universitas Islam Malang, yang dilaksanakan di Universitas Islam Malang, pada 22 Oktober 2018

Capaian Rekor ini melengkapi deretan karya serta prestasi yang dicetak sebelumnya yakni tadarus Alquran di kampus dengan peserta terbanyak mencapai 9.000 peserta.

Penandatanganan sikap mempertahankan ideologi Pancasila dan bentuk negara oleh mahasiswa terbanyak 11.680 mahasiswa, perkuliahan dengan menggunakan sarung terbanyak 8.134 mahasiswa, pembentangan bendera NU terbesar 45 x 30 meter, serta penulisan dan pembacaan shalawat terbanyak oleh mahasiswa.

“Rekor MURI yang berkaitan dengan penulisan kaligrafi antara lain penulisan kaligrafi Basmallah terbanyak 16.956 peserta, penulisan kaligrafi Asmaul Husna oleh peserta terbanyak 5.050 peserta, dan penulisan seni kaligrafi dengan peserta terbanyak 1.381,” ungkap Manager MURI, Ariyani Siregar, SE kepada Malang Post, Senin (22/10/2018) kemarin.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si, mengungkapkan, pemecahan rekor MURI yang ke-6 namun kedepan akan muncul kreasi-kreasi baru. Kaligrafi dengan media canvas ini adalah ide dari Unisma, santri selalu membaca maka adanya Alquran di setiap gedung ini mampu menginspirasi civitas akademika. (Yanis)

Berita Terkait