Refleksi Hari Santri, Masyarakat Harus Jaga Persatuan



Bandung, Beritainspiratif.com - Perayaaan Hari Santri Nasional memberi banyak pesan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya, pesan persatuan, tidak hanya antar satu agama tapi juga persatuan dengan agama lainya. Di hari santri, persatuan dan kesatuan itu mesti terus disemai.

Hal tersebut diungkapkan Asisten

Asisten Daerah I Jawa Barat Dady Iskandar saat mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada pembukaan Seminar Internasional bertajuk International Conference on Islamic Culture In Asia And Africa di Aula Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Dady menyampaikan, semangat persatuan di Jawa Barat harus terus dipupuk, hal ini mengingat dalam aspek sejarahnya, masyarakat di Jawa sangat beragam, terutama di Jawa Barat.

"Di pulau Jawa, terutama Jawa Barat ini kita dikaruniai budaya, seni, keyakinan, adat istiadat, yang sangat beragam, kita perlu teruskan semangat kerukunan dan persatuan dalam keberagaman," jelasnya.

Masyarakat di Jawa Barat, lanjut Dedy, perlu menjaga toleransi demi menciptakan kedamaian saat ini dan masa depan. "Bahwa kehidupan di Jawa Barat ini muktikultural, kita harus menjada toleransi untuk terus merawat kedamaian diantara sesama kita," jelasnya.

Menanggapi seminar tersebut, Dady turut mengapresiasi, terutama karena acara tersebut dilaksanakan di Kota Bandung, yang sejak zaman dahulu menjadi pusat kehidupan.

"Saya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat, turut apresiasi atas diselenggarakannya acara ini, mengingat Bandung itu ada Asia Afrika, sebagi Ibu Kota di masa lalu," ungkapnya saat membuka acara yang digelar oleh Jurusan Sejarah Peradaban Islam, UIN Bandung tersebut.

Dirinya berharap, melalui seminar ini, civitaz akademika UIN Bandung bisa menjadi perekat masyarakat Jawa Barat. "Dari seminar ini saya berharap UIN Bandung menjadi formula baru pemersatu masyarakat Jawa Barat dalam bidang apapun," jelasnya. (Tito)

Berita Terkait