Menhub Jamin Mudik Lebaran 2018 Aman



Cirebon, Beritainspiratif.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Soemadi menjamin peningkatakan pengamanan di terminal, stasiun dan bandara.

Hal ini dikatakannya usai memberikan kuliah umum di Universitas Swadaya Gunungjati Kota Cirebon, Jalan Pemuda, Minggu (20/5).

Ia mengungkapkan, Kementerian Perhubungan telah berkordinasi dengan TNI dan Polri terkait pengamanan mudik lebaran 2018 nanti. " Saya menjamin ada tambahan personel pengamanan di terminal, stasiun, dan bandara," kata Budi.

Selain akan menambah personel pengamanan,

Budi meminta agar masyarakat berperan aktif membantu TNI dan kepolisian dalam melawan terorisme. Dengan demikian, diharapkan arus mudik lebaran 2018 bisa dipastikan akan berjalan aman tanpa gangguan keamanan.

“Saya mengimbau agar masyarakat juga aktif, ikut mengamankan wilayahnya saat mudik,” ujar Budi

Budi menambahkan pemerintah siap memfasilitasi masyarakat yang ingin mudik. Ia mengatakan saat ini kondisi jalan nasional sudah memadai untuk dlintasi saat mudik nanti. Ia menghimbau para pemudik bisa memanfaatkan jalan fungsional.

“Jalan nasional sudah bagus, memang nanti ada beberapa yang menggunakan jalan fungsional. Jadi jangan jalan tol saja, gunakan juga jalan nasional,” ucap Budi.

Dia juga mengimbau masyarakat agar menggunakan angkutan umum. Sebab, berdasarkan data Kemenhub angka kecelakaan tertinggi dialami pemudik yang menggunakan sepeda motor, yakni mencapai 4 juta kendaraan.

“Tahun lalu itu kecelakaan arus mudik yang melibatkan kendaraan roda dua mencapai 70 persen. Sedangkan, pertumbuhan pemudik yang menggunakan motor itu mencapai 30 persen,” ujar Budi.

(Yones)

Berita Terkait