Program Hasanah, Jabar Cageur dan Boga Gawe Diapresiasi Anggota DPR RI



Bandung, Beritainspiratif.com- Anggota Komisi IX DPR RI, Ketut Sustiawan menilai dua program unggulan yang digulirkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, sebagai langkah melindungi masyarakat.

Dua program itu adalah, Jabar Cageur dan Boga Gawe.

 

Jabar Cageur dipandang dirinya bertujuan untuk melindungi kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

"Jadi, program ini agar rakyat Jawa Barat punya rasa aman, jaminan hidup di masa depan, Jawa Barat harus bisa mewujudkan program nasional kesehatan secara menyeluruh," kata Ketut di Bandung, Rabu (11/4).

Menurut Ketut ada tiga permasalahan kesehatan di Jabar, yakni, tingginya tingkat kematian ibu dan bayi, serta gizi buruk, sehingga, Jabar Cageur dibuat guna memberikan pelayanan kesehatan yang layak bagi masyarakat.

Jabar yang menduduki rangking 10 secara nasional untuk kematian ibu dan anak, menjadi fokus bagi pasangan Hasanah.

"Melalui program ini, targetnya adalah tiap kecamatan harus mempunyai puskesmas rawat inap agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan tingkat pertama," tegasnya.

Sedangkan, program Boga Gawe guna mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Tingginya angka pengangguran disebabkan kurangnya kompetensi para pencari kerja. Karena itu, dalam program ini ada peningkatan kompetensi melalui pendidikan vokasi bagi para pencari kerja.

"BLK (Balai Latihan Kerja) yang ada harus direvitalisasi dan disesuaikan dengan industri lokal, misalnya di Cirebon, BLK-nya fokus pada industri kelautan," papar Ketut.

Boga Gawe merupakan program untuk menciptakan lapangan pekerjaan, serta memangkas angka pengangguran di Jabar.

 

Program Boga Gawe memokuskan diri untuk menekan angka pengangguran hingga 50 persen. Salah satunya, membangun pusat-pusat kegiatan ekonomi yang terintegrasi.

Selain Jabar Cageur dan Boga Gawe, pasangan Hasanah juga memiliki program unggulan lainnya yakni Jabar Cageur, Jabar Seubeuh, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Turkamling serta Molotot.com. (Dudy

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta