Pj Gubernur Jabar: Perbaikan Tol Bocimi Selesai dalam Tiga Hari

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat memberikan keterangan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (5/4/2024) / Humas Jabar


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, ruas jalan Tol Bogor, Cianjur, dan Sukabumi (Bocimi) yang amblas akibat longsor akan diperbaiki dan selesai dalam tiga hari. Dengan begitu jalur tersebut akan tetap bisa dilalui pemudik. 

"Jalan Tol Bocimi yang longsor itu Pak Menteri PUPR meminta perbaikan sementara dalam tiga hari ini," kata Bey Machmudin saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (5/4/2024). 

Sebelumnya, Bey dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau bencana longsor Tol Bocimi Seksi 2, tepatnya di KM 64+600 A arah Jakarta menuju Sukabumi. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung Lepas Peserta Mudik Gratis BUMN Biofarma

Bey menuturkan, setelah diperbaiki dalam tiga hari ke depan, Tol Bocimi Seksi 2 belum bisa dilewati dua arah. 

Ruas tersebut untuk sementara hanya bisa dilalui satu jalur dari arah Jakarta menuju Sukabumi. 

"Sementara tidak akan bisa dilewati untuk dua arah, jadi hanya satu arah ke Sukabumi," ucapnya. 

Baca Juga: Daftar Nama Anggota DPRD Kota Bandung yang Terpilih di Pileg 2024

Bey memastikan sebelum bisa dilalui oleh kendaraan pada Selasa (8/4), pekan depan, terlebih dulu akan dilakukan uji kelaikan. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. 

"Kemungkinan Senin atau Selasa, pekan depan, dibuka, tapi akan diasesmen dulu kelaikan dan kekuatannya," ujar Bey.

Perbaikan jalan arteri 

Selain memperbaiki Tol Bocimi yang mengalami longsor, di waktu yang sama Pemda Provinsi Jabar bersama Balai PUPR di Sukabumi juga akan memperbaiki jalur alteri yang mengalami kerusakan. 

Hal ini agar tidak terjadi kepadatan di jalan arteri imbas Tol Bocimi Seksi 2 yang belum bisa dilalui dua arah. 

"Pemdaprov Jabar juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR, khususnya balai yang di Sukabumi untuk perbaikan jalan alternatif. Jadi jangan sampai ada penumpukan di jalan arteri karena ada bencana di Tol Bocimi," tutur Bey.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait