Kisah Dina Fitrisia Lulus S3 UNAIR dengan IPK Sempurna 4,00

Dina Fitrisia Septiarini, Wisudawan Terbaik dengan IPK Sempurna (foto: dok pribadi) / Humas Unair


BERITAINSPIRATIF.COM - Menempuh S3 di usia tak lagi muda, Dina Fitrisia Septiarini patut untuk bangga. Dina merupakan salah satu Wisudawan Terbaik UNAIR pada Wisuda Periode 241. Gelar tersebut sangat pantas untuk disandangnya mengingat keberhasilannya mempertahankan IPK sempurna 4.00. Dina bercerita bahwa keberhasilan itu tak lepas dari kesuksesannya untuk mencintai setiap peran yang ia miliki.

Pada Wisuda Periode 241 ini, Dina lulus bersama 1.069 wisudawan lain dari berbagai fakultas dan jejangan pendidikan, mulai dari diploma (D3-D4), sarjana (S1), master (S2), spesialis satu (Sp1), spesialis dua (Sp2), dan doktor (S3). Wisuda Periode 241 ini berlansung selama dua hari. Pertama pada hari Sabtu (2/3/2024) dan kedua pada Minggu (3/3/2024). Keduanya berlangung di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C.

Baca Juga: Kisah Gemilang Maya Nabila Raih Doktor Termuda ITB di Usia 24 Tahun

Keputusan Dina untuk menempuh pendidikan S3-nya bermula ketika Dina merasa gagal untuk menjadi anak yang berbakti. Sebab, orang tua Dina telah mengutusnya untuk melanjutkan pendidikan S3. Hingga pada satu titik Dina kehilangan sosok ayah pada November 2023.

“Ketika itu, papa secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa saya harus melanjutkan studi S3 dan bismillah pada bulan Desember 2020 saya mendaftar menjadi mahasiswa baru,” ungkapnya.

Baca Juga: 2 Helikpoter Polri Jadi Ambulans Udara saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Dina memulai studi bergelar doktornya pada Februari 2021 dan menyelesaikan ujian terbuka pada November 2023, kurang dari tiga tahun. Selain mengerjakan tugas sebaik mungkin, Dina selalu menyertakan rasa syukur kepada Allah karena telah diberikan perlindungan dan kelancaran selama prosesnya.

Namun, bukan perkara mudah bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu untuk menyelaraskan pendidikan sebaik itu mengingat sosoknya yang multiperan. Selain menjadi mahasiswa, ia yang juga merupakan seorang anak, ibu, istri, dosen, hingga pemilik bisnis keluarga yang pastinya banyak menuntut waktu, pikiran, serta pikirannya.

“Mungkin hal itu yang menjadi ‘maju-mundur’ saya dan memilih serta memutuskan untuk studi lanjut,” kata Dina.

Baca Juga: Kemenkominfo Terbitkan MUDIKPEDIA Panduan & Informasi Seputar Mudik Lebaran 2024

Tak hanya IPK sempurna, banyak juga capaian lain yang Dina raih selama menempuh pendidikannya di Prodi S3 Ilmu Ekonomi Islam. Dina berhasil mempublikasikan dua jurnal bereputasi internasional Scopus dan satu jurnal bereputasi Sinta 2. Kemudian, Ia juga berhasil menjadi peserta terpilih dalam student outbound ke Jeddah hingga Madinah.

“Yang membuat bangga adalah saya terpilih dalam student outbound ke Jeddah untuk mempresentasikan paper dalam forum ilmiah bergengsi, I-iECONS 2023 pada tanggal Agustus 2023 dan juga memperluas jaringan internasional di Universitas Jeddah dan Madinah, yaitu Effat University serta Taibah University Madinah,” jelasnya.

Meski terasa berat, Dina sangat bersyukur karena masih memiliki keluarga yang sangat mendukungnya. Ia mempersembahkan penghargaan itu kepada papa, mama, anak, dan suaminya.

“Semua tanggung jawab dan amanah yang diberikan Allah SWT tidak akan terasa berat apabila kunci utamanya adalah mencintai semua peran yang sedang dijalani,” tutupnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait