BI Berikan Tips Atasi Penipuan Lewat File APK, Ikuti 5 Langkah Ini!



BERITAINSPIRATIF.COM - Apakah Anda baru saja menerima pesan berupa tautan ajakan sedekah, undangan buka puasa, undangan pernikahan, penerimaan paket ataupun undangan lain!

Tanpa pikir panjang, Anda langsung mengeklik tautan dan otomatis akan mengunduh APK yang diterima. Tenang, jangan panik! Segera lakukan langkah-langkah berikut untuk meminimalkan risiko dan mengamankan data Anda setelah telanjur klik APK penipuan.

Dikutip dari rilis Bank Indonesia Rabu (13/3/2024) berikut 5 langkah yang harus dilakukan jika terlanjur melakukan klik pada File APK:

5 Langkah saat Telanjur Klik APK Penipuan: 

1. Matikan Akses Internet

Segera matikan data seluler dan Wi-Fi untuk menghentikan malware yang mungkin terkandung dalam APK tersebut. Hal ini akan mencegah malware mencuri data Anda atau menyebar ke perangkat lain.

2. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Cara menghapus file APK Penipuan yaitu dengan membuka menu pengaturan, pilih "Aplikasi", temukan dan hapus aplikasi yang baru saja Anda instal setelah mengeklik APK penipuan. 

Baca Juga: Kota Bandung di Puncak Musim Hujan, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi

3. Hubungi Bank

Laporkan kejadian kepada bank sesegera mungkin. Mereka dapat membantu memblokir kartu ATM/rekening Anda dan mengambil langkah-langkah pengamanan lebih lanjut.

4. Ganti Password Semua Akun

Segera ubah password akun bank, email, media sosial, dan akun lainnya yang terhubung dengan data pribadi Anda. Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun.

5. Lakukan Factory Reset  (opsional)

Jika masih ragu, lakukan backup data penting dan lakukan factory reset/setelan pabrik pada perangkat Anda. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi di perangkat, termasuk malware yang mungkin tersembunyi.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Tarawih di Masjid Tertua di Kota Bandung

Kenali Modus Penipuan Selama Ramadan dan Idulfitri

Modus penipuan sering meningkat selama periode-periode tertentu, termasuk periode Ramadan dan IdulFitri. Yuk, kenali beberapa modus berikut:

Undangan Buka Puasa Bersama: Penipu mengirimkan link yang mengatasnamakan organisasi atau komunitas tertentu untuk mengundang buka puasa bersama.

Undangan Minta Maaf: Penipu mengirimkan link yang mengatasnamakan orang yang ingin meminta maaf atas kesalahannya dalam rangka menyambut Ramadan dan Idulfitri.

Penawaran Zakat dan Sedekah: Penipu menawarkan program zakat dan sedekah dengan iming-iming berbagi.

Baca Juga: Legendaris! Es Cendol Elizabeth di Bandung Rasanya Tak Pernah Berubah Sejak 1972

Tips Aman dari Bank Indonesia:

Waspada! Jangan mudah tergiur tawaran tak masuk akal.

Verifikasi! Hubungi langsung organisasi/orang yang mengaku mengirim pesan.

Jangan klik! Link dari pengirim tak dikenal bisa berisi konten yang berbahaya.

Lakukan transaksi di situs/aplikasi resmi! Situs dan aplikasi resmi biasanya ditandai dengan HTTPS dan simbol gembok.

Jaga kerahasiaan data pribadi! Jangan pernah bagikan PIN, password, OTP, atau data lainnya kepada siapapun.

Keluarkan dari Grup Whatsapp! Jika menerima kiriman pesan fail APK di dalam grup pertemanan, segera hapus pesan yang diterima dan minta admin segera mengeluarkan pengirim pesan tersebut. 

Ingat: Pencegahan adalah kunci utama. Hindari mengeklik fail APK dari sumber yang tidak dikenal. Sebarkan informasi ini kepada keluarga dan teman Anda untuk membantu mereka tetap aman dari berbagai modus penipuan APK.

 Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait