Raden Farhan, Wisudawan Terbaik Unpad 2024 yang Aktif Suarakan Demokrasi

Raden Farhan Syahir Herdyatomo Wibowo. (Foto: Dadan Triawan/dok.Unpad)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Raden Farhan Syahir Herdyatomo Wibowo lulus dan berhasil meraih predikat wisudawan terbaik program Sarjana pada Upacara Wisuda Universitas Padjadjaran Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024, Kamis (29/2/2024).

Raden lulus dari Program Studi Ilmu Politik Unpad dengan waktu 3,5 tahun. Ia juga berhasil melakukan publikasi tiga karya ilmiah dalam Jurnal terakreditasi Sinta 4 dan satu karya ilmiah dalam jurnal terakreditasi Sinta 3.

Tidak hanya itu, selama menjalani perkuliahan ia juga berhasil menorehkan berbagai prestasi nonakademik.

Dikutip dari laman resmi Unpad, keempat judul publikasinya, yaitu: “Analisis Pilihan Rasional Terhadap Keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Mencegah Penyebaran COVID-19”, “Urgenditas Modal Sosial Dalam Mengantisipasi Politik Transaksional: Studi Kasus Penyelenggaraan Pilkades di Desa Ngadas Kabupaten Malang”. Selanjutnya, “Digitalisasi Desa Berbasis Aplikasi “Simpeldesa: Inovasi Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan Di Desa Cibiru Wetan”, dan “Pelanggaran Kode Etik Lembaga Penyelenggara Pemilu pada Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kebumen Tahun 2020”.

Baca Juga: Daftar Wisudawan Terbaik Unpad 2024, Tertua hingga Termuda Berusia 20 Tahun

“Rasanya per hari ini perlu banyak kajian-kajian, perlu banyak tulisan-tulisan dan pemikiran yang berorientasi pada pembangunan partai politik dan demokrasi. Motivasinya sesederhana itu, bagaimana kita bisa menghidupkan hal-hal yang berkaitan dengan demokrasi kita di Indonesia” kata Raden.

Selain prestasi akademik, Raden juga berhasil mendapatkan berbagai prestasi nonakademik yang diraih melalui organisasi mahasiswa.

Raden menyampaikan bahwa dengan aktif mengikuti ormawa selama menjadi mahasiswa dapat mengasah kepemimpinan dan disiplin yang sangat menunjang kegiatan akademik.

“Kita terlalu serius di akademik malah tidak ada nilai-nilai sosial yang kita dapat, tetapi kalau kita terlalu aktif di sosial terkadang akademiknya tertinggal. Jadi saya rasa justru keseimbangannya itu ketika dua aspek ini bisa saling bersinergi,” ujar Raden.

Baca Juga: Tanggap Darurat 12 Hari, Pj Gubernur Jabar Tinjau BENCANA TANAH GERAK di Cigombong KBB

Tidak hanya aktif di ormawa, Raden juga aktif dalam forum “Bincang Muda” yang berfokus pada peningkatan pendidikan politik dan demokrasi dengan anak-anak muda sebagai sasarannya. Raden berharap melalui forum ini dapat memberikan dampak terhadap demokrasi dan demokratisasi di Indonesia.

Raden menyampaikan bahwa setelah menyelesaikan studi jenjang Sarjana ini dirinya memiliki keinginan untuk melanjutkan ke jenjang S2 dengan konsentrasi ilmu politik.

Raden pun berharap agar ke depannya Unpad senantiasa menjadi promotor dalam pembangunan pendidikan dan demokrasi di Indonesia.

“Unpad seterusnya akan menjadi cahaya Padjadjaran dan Unpad seterusnya akan menjadi lentera nusantara. Jadi harapan saya Unpad harus tetap menjadi promotor dan motor utama dalam pembangunan manusia, dalam pembangunan pendidikan, dan pembangungan demokrasi Indonesia,” pungkasnya. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait