Mahasiswa KKN Unpad Gelar Pelatihan Pengolahan Minyak Jelantah Jadi Produk Home Care

Peserta pelatihan pengolahan minyak jelantah menjadi produk home care yang dilaksanakan di Apartemen Transit Ujungberung, Jumat (2/2/2024) / Humas Unpad


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam upaya mengurangi limbah minyak jelantah, mahasiswa KKN Universitas Padjadjaran kelompok 109 menyelenggarakan pelatihan pengolahan minyak jelantah menjadi produk home care yang dilaksanakan di Apartemen Transit Ujungberung, Jumat (2/2/2024).

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 39 peserta yang terdiri dari ibu-ibu penghuni Apartemen Transit Ujung Berung dan perwakilan PKK Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Kegiatan yang melibatkan 25 mahasiswa KKN dari berbagai fakultas bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Asri Widyasanti, S.TP., M.Eng dan Farah Nuranjani, S.TP., M.T. ini mengusung tema “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng dan Citronella Oil Sebagai Produk Home Care”.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan wawasan kepada ibu rumah tangga terkait pemanfaatan minyak jelantah hasil limbah rumah tangga menjadi produk home care yang bermanfaat untuk kebutuhan keluarga.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran bersama dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Minyak Jelantah Wargi Bandung Dihargai Rp6.500/liter, Hubungi Disini!

Dalam sambutannya Kepala UPTD Pengelolaan dan Pelayanan Perumahan Jawa Barat (P3JB) Taufik Rahmat, S.Pd., M.T., memberikan apresiasi dan respon positif terhadap kegiatan ini.

Taufik menyampaikan pengelolaan limbah minyak jelantah ini sangat bermanfaat untuk membersihkan hunian dan menciptakan langkah kreatif untuk bijak mengelola sampah B3 yang dihasilkan warga dan masyarakat pada umumnya.

Sebelum pelatihan dimulai, peserta diberikan serangkaian pre–test untuk mengetahui wawasan mengenai pemanfaatan sereh, minyak jelantah, dan karbol. Hasil pre–test menunjukkan bahwa sebagian besar ibu-ibu masih kurang mengerti tentang pemanfaatan minyak jelantah dan sereh.

Baca Juga: Masa Tenang, Pj Gubernur Jabar: Satpol PP Akan Dikerahkan Bantu Bersihkan APK

Selanjunya panitia memberikan pemaparan secara langsung dan menyediakan materi modul pelatihan serta menayangkan video interaktif tentang pembuatan karbol jelantah sereh, repellent spray sereh, dan reed diffuser (pengharum ruangan) untuk membangun antusias para peserta dalam pengolahan minyak jelantah menjadi produk home care.

Kegiatan dilanjutkan dengan peserta melakukan praktik secara langsung membuat produk home care yang diberi nama ‘Jebol’ alias jelantah karbol dengan aroma alami dari minyak atsiri sereh.

Para peserta sangat antusias selama melakukan proses pembuatan produk karbol sereh tersebut. Setelah pembuatan jelantah karbol dilakukan, tim memberikan post–test untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana materi dapat diterima oleh para peserta.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan kami jadi mengerti cara memanfaatkan limbah minyak yang ada di rumah. Setelah acara ini, kami akan membuat agenda pelatihan pembuatan karbol sesuai dengan modul yang diberikan kepada ibu-ibu PKK di seluruh RT kelurahan Pasirwangi,” ungkap Euis, salah satu peserta pelatihan perwakilan PKK Kelurahan Pasirwangi dalam rilis Unpad.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait