Pengisian Kendaraan Listrik di SPKLU PLN Jabar Melonjak Tajam Hingga 569 Persen

Foto: Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat mencatat jumlah transaksi penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sepanjang libur Natal 2023 mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2022.

Sejak 16 Desember, saat sebagian pelajar mulai libur, sampai dengan 26 Desember 2023, pelanggan yang mengisi kendaraan listriknya di SPKLU PLN wilayah Jabar mencapai 1.855 kali transaksi.

Jumlah pengisian kendaraan listrik selama periode tersebut melonjak 569 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yakni 277 kali transaksi.

Baca Juga: 3 Calon Sekda Jabar Hasil Seleksi, Pj Gubernur Jabar: Kerja Cepat, Tak Cari Popularitas

Peningkatan transaksi tersebut juga diikuti dengan pertumbuhan konsumsi listrik di SPKLU. Total konsumsi listrik mulai 16 Desember hingga 26 Desember 2023 mencapai 35.993 kWh atau naik 619 persen dibandingkan dengan periode sama tahun 2022 yang hanya tercatat 5.002 kWh.

General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia mengatakan, peningkatan konsumsi listrik di SPKLU mengindikasikan bahwa penggunaan kendaraan listrik di Jawa Barat semakin meningkat. 

“Jumlah pengguna kendaraan listrik di Jawa Barat semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, kami terus menyiapkan berbagai infrastruktur pendukungnya baik melalui pembangunan sendiri maupun kolaborasi berupa kerjasama pengadaan SPKLU,” katanya.

“Hal ini untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat sekaligus mempercepat tujuan Net Zero emisi tahun 2060,” imbuhnya.

Baca Juga: Malam Tahun Baru 2024 Pemkot Bandung Antisipasi 11 Titik Keramaian, Ini Lokasinya!

Susiana menjelaskan, untuk mendukung mobilisasi pengguna kendaraan listrik, PLN telah menyediakan 148 unit SPKLU yang tersebar di 148 lokasi baik di rest area, tempat umum, tempat wisata, dan kantor PLN.

Selain SPKLU, PLN UID Jabar juga mendukung penyediaan listrik bagi Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Pengguna motor listrik dapat menggunakan SPBKLU dari PT Swap yang tersebar di 193 lokasi. 

Susiana menyampaikan, PLN berkomitmen mendukung pertumbuhan ekositem kendaraan dengan berbagai strategi mulai dari penggunaan kendaraan listrik untuk operasional, penyediaan fasilitas stasiun pengisian daya, penyediaan layanan digital EV Charging.

“Program Jabar Smile juga untuk memberikan kemudahan pembelian kendaraan listrik, hingga kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-UPZ Forum RT RW Kota Bandung Raih Penghargaan UPZ dengan Pengumpulan Terbaik

Berita Terkait