INOVATIF, ITS Resmikan Produksi Perdana Motor Listrik EVITS

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kiri) saat mengendarai sepeda motor listrik EVITS TS-1 / Foto: ITS News


BERITAINSPIRATIF.COM - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui PT ITS Tekno Sains berkolaborasi dengan PT Panggung Electric Citrabuana meresmikan produksi perdana sepeda motor listrik EVITS, Kamis (21/12) lalu.

Dalam kegiatan yang dihelat di PT Panggung Electric Citrabuana ini, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengungkapkan bahwa kerja sama ini penting untuk dilakukan, sebab tugas perguruan tinggi saat ini tidak lagi sebatas mengajar. Akan tetapi, perguruan tinggi juga perlu untuk mengimplementasikan karya inovasinya menjadi produk komersial dan dapat memberikan nilai ekonomi bagi seluruh pihak, termasuk masyarakat.

Lelaki yang akrab disapa Ashari tersebut mengungkapkan bahwa dirinya yakin bahwa kerja sama ini akan terus berkembang.

“Kualitas dari PT Panggung Electric Citrabuana sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan sudah terbukti sejak saya berkuliah dahulu,” tuturnya dilaman resmi ITS News.

Baca Juga: NATARU 2024, Akses Tol Gedebage Km 149 Bandung, Dibuka Pukul 06:00 - 22:00 WIB

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT menyampaikan, untuk mencapai titik ini dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. PT ITS Tekno Sains bersama PT Panggung Electric Citrabuana, melalui para penelitinya melakukan berbagai tahapan riset yang memakan waktu hingga hampir satu tahun agar sepeda motor listrik EVITS mampu menjawab berbagai kebutuhan konsumen.

Selanjutnya, dari berbagai proses tersebut lahirlah generasi pertama EVITS, yaitu EVITS TS-1. EVITS merupakan sepeda motor listrik yang dilengkapi dengan desain yang ergonomis dan kemampuan akselerasi yang baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 60 kilometer.

Baca Juga: Libur Natal Lancar, Masyarakat Apresiasi Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Gunarta ini juga menyampaikan bahwa saat ini PT ITS Tekno Sains juga sedang mengembangkan tiga tipe motor listrik lainnya. Saat ini ketiga tipe motor listrik tersebut sudah memasuki tahap pengembangan awal.

“Ketiganya direncanakan akan launching pada tahun 2024 nanti,” ungkapnya.

Sepakat dengan yang disampaikan oleh Ashari dan Gunarta, Direktur PT Panggung Electric Citrabuana Win Winarjadi menyampaikan bahwa PT Panggung Electric Citrabuana merasa senang menjadi bagian dari supply management dalam produksi EVITS. Selain itu, dirinya juga merasa bangga dapat menghadirkan produk yang ramah lingkungan kepada masyarakat.

“Semoga kerja sama ini dapat berdampak baik bagi nusa, bangsa, serta kita semua,” harapnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Covid-19 di Jabar Capai 453 Kasus, Kota Depok Tertinggi Diikuti Kota Bandung

Berita Terkait