GANESHA FAIR, Mahasiswa SBM ITB Praktikan Manajemen Bisnis di Kiara Artha Park Bandung

Mahasiswa SBM ITB Praktikan Manajemen Bisnis pada Ganesha Fair yang berlangsung di Kiara Artha Park Bandung, Sabtu (2/12/2023)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Ekspresi bakat, eksplorasi minat, serta implementasi ilmu bisnis dan manajemen menyatu di Kiara Artha Park hari ini dengan diadakannya Ganesha Fair, sebuah acara yang diselenggarakan SBM ITB menghadirkan keseruan bisnis dan manajemen untuk massa sekitar melalui festival yang meriah berlangsung Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Prodi Manajemen SBM ITB Dr. rer. pol. Fajar Hendarman, S.T., M.S.M dan menghadirkan bintang tamu yakni grup musik Geisha.

“Ganesha Fair merupakan bagian dari tahap persiapan bersama SBM ITB untuk mahasiswa-mahasiswi yang baru masuk. Harapannya, mereka dapat mengelola dan mempraktekkan ilmu manajemen dan bisnis berbasis project-based learning di sini,” ucap Fajar.

“Pengalaman tersebut sangat terasa melalui penampilan bakat mereka melalui berbagai jenis booth, permainan, show, dan talenta yang dimunculkan.”

Fajar menjelaskan bahwa acara ini merupakan sebuah kolaborasi dengan berbagai pihak dan didukung oleh kreativitas yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswi dalam penampilan-penampilan mereka.

Ganesha Fair diadakan di Kiara Artha park dengan harapan mampu menarik perhatian masyarakat umum selain civitas akademika SBM ITB juga. Dengan begitu, mahasiswa-mahasiswi SBM ITB serta kegiatan yang diadakan oleh ITB dapat lebih dikenal, sehingga memberikan rasa kepercayaan diri bagi mahasiswa SBM.

Acara ini menjadi puncak dari pelaksanaan mata kuliah Experience-Based Management Learning untuk mahasiswa-mahasiswi SBM angkatan 2026, di mana masing-masing kelas membuka booth kegiatan serta menampilkan performance di atas panggung.

Baca Juga: Kisah ZIVANKA Wisudawan ITB Termuda Usia 19 Tahun, SMP dan SMA Ditempuh 2 Tahun

Selain itu, acara ini merupakan kolaborasi antara program studi Manajemen dengan Kewirausahaan SBM ITB untuk menghadirkan booth dari mata kuliah Technology Innovation. Total booth yang dibuka dalam acara ini berjumlah 20 booth, terdiri dari 12 untuk kelas Experience-Based Management Learning dan 8 untuk kelas Technology Innovation.

Mahasiswa-mahasiswi tidak hanya dilibatkan dalam pengisi kegiatan saja dalam acara ini, tetapi juga dalam penyusunan acaranya melalui mata kuliah tersebut. SBM angkatan 2026 dilatih secara langsung untuk mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapatkan di dalam kelas untuk merealisasikan Ganesha Fair. Ketua panitia event organizer di balik acara ini adalah Darryl Sandrina Faisal Putri, seorang mahasiswi dari SBM’26.

“Experience-Based Management Learning merupakan mata kuliah yang sangat unik. Mungkin kalau mendengar pembelajaran di SBM itu yang terbayang segala hal tentang bisnis nyata, tetapi di sini kita diajarkan dengan cara belajar yang menyenangkan dan berkesan dalam mengurus suatu acara,” ujar Darryl.

Baca Juga: Pendaftaran Anggota KPPS Pemilu 2024 Akan Dibuka, Simak Jadwal dan Persyaratannya

Salah satu kelebihan besar berkuliah di SBM ITB adalah penekanan pada praktek dan implementasi ilmu yang didapatkan melalui berbagai jenis kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa-mahasiswinya melalui student-centered learning. Begitulah yang Darryl rasakan selama satu semester ini, hingga dapat berpencak dalam keberhasilan acaranya.

“Kita belajar semuanya di sini. Yang dulu kita hanya menyebutnya sebagai timeline, sekarang kita mengenalnya sebagai SMART Goals, Gantt Chart, dan masih banyak lagi. Semuanya terrasa profesional, struktur, jelas dari awal hingga akhir. Proses selama satu semester di SBM sangat membantu untuk merealisasikan acara ini.”

Ganesha Fair tidak hanya dibatasi ke partisipan dari SBM ITB saja, melainkan dibuka untuk mahasiswa-mahasiswi lainnya dan massa umum. Salah satunya adalah Rafli, seorang mahasiswa astronomi yang datang ke Ganesha Fair bersama teman-temannya dan keliling melihat booth-booth yang ditawarkan oleh SBM’26.

“Seru sekali acaranya. Bahkan dengan persiapan yang dihadang oleh hujan kemarin, panitia masih dapat menyuguhkan acara dengan pensuasanaan yang bagus. Jenis-jenis kegiatan di booth juga sangat beragam dan asyik.”

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait