POR Tunggal Event (Portue) 2023 Ajang Atlet Muluskan Pendidikan Melalui Jalur Prestasi

Pembukaan Tarung Derajat yang berlangsung di GOR Laga Tangkas Sport Jabar Arcamanik, Jumat, 27 Oktober 2023 / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pekan Olahraga Tunggal Event (Portue) Bandung Championship yang sudah berjalan selama beberapa hari diharapkan mampu menumbuhkan potensi bibit-bibit atlet baru.

Salah satu cabang olahraga yang pertandingan yaitu Tarung Derajat di GOR Laga Tangkas Sport Jabar, Jumat-Minggu, 27-29 Oktober 2023. Pembukaan pertandingan ini dilaksanakan langsung oleh Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

"Cabang olahraga (cabor) Tarung Derajat lahir di Kota Bandung. Bukan hanya bangga, tapi kita juga harus menjaga dan mengembangkan olahraga ini," ungkap Bambang.

Ia mengatakan, Portue merupakan inovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang sebelumnya dikenal dengan nama Piala Wali Kota Cup. Di tahun ini ada 32 cabor yang dipertandingkan.

"Di Kota Bandung ada 76 cabor, tapi kita baru bisa menyelenggarakan Portue untuk 32 cabor. Harapannya tahun depan semua cabor bisa ikut di Portue," ujarnya.

Baca Juga: POR Tunggal Event 2023 Diikuti 11.819 Atlet 32 Cabor Dipusatkan di Sport Jabar Arcamanik

Ia menegaskan, agar tagline yang di tempel di tiap pertandingan bukan sekadar tagline. Namun, itu merupakan sebuah mandat dan filosofi yang harus dilakukan. 

"Basic Tarung Derajat adalah kesadaran dan kemandirian. Sportivitas adalah kata kunci. Persaudaraan dan kekeluargaan adalah modal dasar. Saya berpesan, junjung tinggi sportivitas agar kita dalam bertarung diberikan keselamatan," terangnya.

Baca Juga: 10 Pelaku Buang Sampah Sembarangan, Jalani Sidang di Pengadilan Negeri Bandung

Ia juga menekankan agar Pemkot Bandung bisa memuluskan para atlet yang ingin melanjutkan pendidikan melalui jalur prestasi.

"Portue ini kesempatan bagi anak-anak semua untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Selamat bertarung, lakukan tugas sesuai dengan mandat dan arahan yang kita junjung tinggi dari keluarga besar Tarung Derajat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Tarung Derajat, Yosep Heryansyah memaparkan, kejuaraan Tarung Derajat Portue antar pelajar dan umum merupakan siklus untuk mencari atlet-atlet unggulan di Kota Bandung.

"Pelaksanaan pertandingan selama tiga hari dari 27-29 Oktober 2023. Mulai pukul 08.00-17.00 WIB," kata Yosep.

Ada 8 kategori yang dipertandingkan dalam Tarung Derajat, yakni tarung putri dan putra tingkat SD, tarung putri dan putra tingkat SMP, tarung putri dan putra tingkat SMA, tarung umum, seni gerak putri dan putra tingkat SD, seni gerak putri dan putra tingkat SMP, seni gerak putri dan putra tingkat SMA, dan seni gerak kategori umum.

"Jumlah peserta Tarung Derajat tahun ini mencapai 233 peserta. Semoga bisa berjalan dengan lancar dan memunculkan bibit unggul atlet Tarung Derajat di Kota Bandung," tuturnya. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Daftar Kota Terpanas di Indonesia, Suhu Mencapai 39,4 Derajat

-Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Keberhasilan Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara

-Satgas Darurat Sampah Kota Bandung: Yang Boleh Dibuang ke TPS Itu, Sampah Residu!

-Masa Darurat akan Diperpanjang, Penanganan Sampah Kota Bandung Terapkan Pola Cluster

-12 RW di Kota Bandung Raih Penghargaan PROKLIM dari Kementerian LHK, Ini Daftarnya!

Berita Terkait