Kunjungi SUKAMISKIN, Ketua RW Kelurahan MALEER dan BINONG Targetkan Sampah Selesai di Wilayah

Para Ketua RW Kelurahan Maleer dan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal Kota Bandung saat melakukan kunjungan ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Simpel di RW 01 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung pada Sabtu, (21/10/2023)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kota Bandung dan Bandung Raya saat ini masih dihadapkan pada kondisi darurat sampah pasca terjadinya kebakaran di TPA Sarimukti.

Pemkot Bandung pun menerbitkan Instruksi Walikota Bandung, yang meminta berbagai unsur untuk terus meningkatkan sosialisasi penanganan sampah ke seluruh elemen masyarakat Kota Bandung, layanan kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik, perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, kantor pemerintahan, kantor non pemerintahan, kewilayahan, sekolah, kampus, dan lainnya untuk mengolah sampah secara mandiri menuju Kota Bandung Zero Waste City.

Ketua Harian Darurat Sampah yang juga Sekda Kota Bandung Ema Sumarna meminta pihak kewilayahan untuk gencar menyosialisasikan pemilahan sampah sejak di hulu atau di level rumah tangga.

Tidak ada lagi sampah bercampur yang dibuang ke TPS.

“Sampah organik dan anorganik, itu didorong untuk diselesaikan secara mandiri. Yang boleh dibuang ke TPS, itu sampah residu,” ungkapnya.

beberapa solusi yang bisa diterapkan oleh masyarakat dalam upaya penanganan sampah mandiri, seperti  media magot, kompos atau metode Lodong Sesa Dapur (Loseda) dan sebagainya.

Baca Juga: Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara KALTIM

 

Baca Juga: Mulai 29 Oktober, 7 Rute Penerbangan Akan Ramaikan Bandara Kertajati

Menyikapi hal tersebut para Ketua RW Kelurahan Maleer dan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal Kota Bandung melakukan kunjungan dan ingin mempelajari lebih jauh bagaimana mengelola sampah di kewilayahan dengan mendatangi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Simpel di RW 01 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung pada Sabtu, (21/10/2023).  

Rombongan dari RW Kelurahan Maleer dipimpin oleh Rahmat Adiansyah / Ketua RW 09 yang juga Ketua Forum RW Kelurahan Maleer kecamatan Batununggal, disertai Ketua RW 07, RW 10 dan perwakilan dari unsur pemuda.

Sedangkan dari Kelurahan Binong dipimpin oleh Asep Suherman / Ketua Forum RW kelurahan Binong kecamatan Batununggal disertai Ketua RW 02, 06 dan 08.

Rombongan mendapat penjelasan langsung dari Pengelola TPST Simpel yang juga Ketua RW 01 Sukamiskin Wawan Setiawan.

Ketua RW 09 yang juga Ketua Forum RW Kelurahan Maleer Rahmat Adiansyah mengungkapkan di wilayahnya saat ini sangat kerepotan dalam penanganan masalah sampah, untuk itu kami ingin berbuat untuk wilayah kami.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi Kota Bandung darurat sampah, dan kami berharap melalui kunjungan ke TPST Simpel ini, kami bisa belajar secara langsung, dan akan mempraktekkannya di wilayah kami,” ujarnya saat dikonfirmasi Beritainspiratif.com, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga:Satgas Darurat Sampah Kota Bandung: Yang Boleh Dibuang ke TPS Itu, Sampah Residu!

Rahmat menyampaikan bahwa kami dan perwakilan Ketua RW yang hadir sangat tertarik dengan pengolahan sampah yang dilakukan di TPST Simpel RW 01.

“Kami ingin melihat dan mendengar secara langsung cara pengelolaan sampahnya, yang bisa selesai sampai habis di wilayah pada tingkat/level RW dan tidak ada lagi melakukan pembuangan sampah ke TPS,” ungkap Rahmat Adiansyah  Ketua RW 09 Maleer.

Rahmat Adiansyah yang juga Bacaleg DPRD KOTA Bandung Dapil 2 dari Partai PKB pada Pemilu 2024, berharap dari kunjungan ini kami dapat mengimplementasikan di wilayah kami.

“Kami melihat pengolahan sampah organik di TPST Simpel RW 01 Sukamiskin menggunakan metode magot, sampah anorganik dijual kepada pengepul dan sampah residu dihancurkan melalui tungku pembakaran yang ramah lingkungan,” ujar Rahmat.

Rahmat berharap usai kunjungan ini, kami menargetkan sampah akan selesai di kewilayahan dan tidak ada lagi yang dibuang ke TPS.

“Usai kunjungan ini, kami akan berkoordinasi dengan Camat  Batununggal (Bpk Latief, red ) dan PLT Lurah Maleer (Ibu Irna, red ) dan Lurah Binong (Ibu W Destiawati, red). Semoga  beliau bisa membantu mensupport kami,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Satpol PP Kota Bandung Seret Pelaku Buang Sampah Sembarangan ke Pengadilan

-Pesan Penyanyi Legendaris Acil Bimbo Kepada RT RW Kota Bandung

-KAI Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Jenjang Pendidikan D3, S1 hingga S2

-Daftar Kota Terpanas di Indonesia, Suhu Mencapai 39,4 Derajat

-Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Keberhasilan Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara

-Satgas Darurat Sampah Kota Bandung: Yang Boleh Dibuang ke TPS Itu, Sampah Residu!

Berita Terkait