Wow....Usia 20 Tahun, Qonita Jadi Wisudawan Termuda Matematika

Qonita Qurratu Aini dinobatkan menjadi wisudawan termuda pada helatan Wisuda ke-128 / ITS News


BERITAINSPIRATIF.COM - Qonita Qurratu Aini mahasiswi Departemen Matematika dinobatkan menjadi wisudawan termuda pada helatan Wisuda ke-128 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berlangsung Sabtu (16/9/2023).

Ia lulus sebagai sarjana di usia yang cukup muda yakni 20 tahun 4 bulan, namun  tak menghalanginya untuk aktif di berbagai organisasi dan mencetak prestasi.

Qonita berujar bahwa ia mulai mengenyam pendidikan di bangku sekolah sejak berusia 2 tahun sebagai murid Kelompok Bermain (KB).

“Aku sendiri baru ikut program akselerasi ketika di SMA, jadi hanya dua tahun,” terangnya dilansir laman resmi ITS News.

Alumnus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang ini mengungkapkan, berusia lebih muda dari teman-teman satu angkatan tak pernah menjadi penghalang yang berarti baginya.

“Sejauh ini tidak ada kesulitan yang berarti, karena lingkungannya yang selalu suportif,” aku putri dari pasangan Dr Windarto MSi dan Widayati Setyorini SE tersebut.

Baca Juga: Bambang Tirtoyuliono Ditunjuk Sebagai Pj. Wali Kota Bandung, Ini Profilnya

Diungkapkannya matematika telah menjadi pelajaran favoritnya sejak di bangku SD dulu. Menariknya, ia juga selalu mendapatkan nilai Ujian Nasional (UN) sempurna di mata pelajaran tersebut.

“Hingga atas izin Allah saya diterima (masuk ITS) lewat jalur SBMPTN,” tutur peraih juara pertama pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ITS cabang 10 Juz tahun 2020 ini.

Qonita juga pernah mengikuti program Bangkit dari Google dengan fokusan machine learning. Melalui program ini, ia dan timnya pun berhasil menciptakan aplikasi CariHerb, aplikasi pendeteksi tanaman herbal yang dijalankan melalui kamera ponsel.

Tak tanggung-tanggung, melalui karyanya ini mereka berhasil memperoleh pendanaan dari Google serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca Juga: Kisah Inspiratif, Anak Petani Lulusan SD di Gunung Lawu Raih Beasiswa Hingga S3

Qonita juga terlibat di berbagai organisasi internal serta eksternal jurusannya. Dirinya yang memiliki ketertarikan di bidang desain dan publikasi, aktif berkecimpung di Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) dan Lembaga Kajian Kerohanian Islam (LKKI) Departemen Matematika ITS sebagai staf Departemen Media dan Informasi.

Ke depannya, Qonita berencana untuk menyelesaikan kuliah magisternya lebih dulu sebelum berkecimpung di dunia praktisi. Ia juga berpesan kepada para mahasiswa ITS untuk terus semangat dan memaksimalkan kesempatan belajar selama menjadi mahasiswa.

“Jangan sia-siakan kesempatan untuk berkarya di bidang yang kita minati, bisa jadi kemudahan itu muncul dari berbagai amanah yang kita emban saat menjadi mahasiswa,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Seleksi CALON ASN Mulai 17 September 2023

-Profil Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin, Lahir di Cirebon Besar di Bandung 

-Patroli Gabungan Bakal Pantau Warga Kota Bandung yang Bakar Sampah dan Buang ke Sungai

-BANK INDONESIA Buka Rekrutmen Pegawai Jalur PCPM 38, Ini Link nya!

-Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

Berita Terkait