Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang KALBAR Panen Sayuran di SUKAMISKIN

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis (nomor 5 dari kiri) yang juga Istri Bupati Bengkayang Kalbar didampingi Lurah Sukamiskin, Ketua TP PKK Sukamiskin dan PKK RW 02 dan jajaran saat melakukan panen sosin di Waste to Food Kawasan Bebas Sampah di RW 02 Sukamiskin Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Provinsi Jawa Barat pada Rabu (6/9/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis (Istri Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis) dan Ny. Yulianti Syamsul Rizal (Istri Wakil Bupati Bengkayang) beserta 34 orang lebih anggota TP PKK Kabupaten Bengkayang melakukan kunjungan ke Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Provinsi Jawa Barat pada Rabu (6/9/2023).

Rombongan terdiri dari jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat mulai dari Ketua, Sekretaris bendahara sampai ke Pokja-pokja lainnya.

Rombongan diterima langsung di Aula Kantor Kelurahan Sukamiskin oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini didampingi Ketua TP PKK Sukamiskin Ny. Inda Cuenda beserta jajaran anggota TP PKK Sukamiskin.

Baca Juga: Profil Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin, Lahir di Cirebon Besar di Bandung

Usai pertemuan di aula kantor Kelurahan Sukamiskin rombongan diajak menuju ke Kawasan Bebas Sampah (Kang Pisman/Kurangi Pisahkan Manfaatkan) RW 02 Sukamiskin dan diterima oleh Ketua TP PKK RW 02 Sukamiskin Ny. Deny Sukirman dan jajaran.

Selanjutnya rombongan menuju RW 17 Sukamiskin yang disambut oleh Ketua RW 17 Andang dan Ketua TP PKK RW 17 Ny. Andang beserta jajaran lainnya. Turut hadir para Ketua RW 05, 06, 09, 16, 03, 08, Ketua LPM dan KIM Sukamiskin dan lainnya.

 

Kunjungan di RW 02 Sukamiskin

Rombongan TP PKK Kabupaten Bengkayang saat melakukan kunjungan di RW 02 Sukamiskin banyak menggali kegiatan di kawasan bebas sampah ini melalui diskusi dan tanya jawab.

Lurah Sukamiskin Farida Agustini menjelaskan bahwa petugas kebersihan di RW RW Sukamiskin mendapat bantuan anggaran dari Pemkot Bandung selama 2 (dua) tahun sebesar Rp1.250.000, untuk 54 orang petugas kebersihan saat Sukamiskin ditetapkan sebagai kelurahan percontohan Kang Pisman beberapa waktu lalu.

“Setelah 2 tahun yang juga disertai tim pendampingan dari petugas DLH Kota Bandung, selanjutnya RW RW di Sukamiskin melakukan pembiayaan petugas kebersihan dengan cara swadaya warga yang selama ini telah berjalan selain itu juga melalui kolaborasi,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK RW 02 Sukamiskin Ny. Deni Sukirman pencapaian pemilahan sampah di wilayahnya dilakukan dengan berbagai upaya hingga sidak sampah.

"Kita melakukan edukasi ke warga warga baik ke pemilik rumah maupun melalui ART-nya untuk melakukan pemilahan sampah. Per tiga bulan kita turun langsung ke warga sidak sampah ke semua RT kita cek sampahnya apakah sudah dipilah,” jelasnya tentang upaya yang telah dilakukan hingga berjalan seperti saat ini.

Baca Juga: 15 Karya Kota Bandung Masuk Warisan Budaya Tak Benda, dari Benjang hingga Colenak

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang beserta rombongan juga berkenan menyaksikan langsung proses pengolahan sampah organik di wilayah RW 02 Sukamiskin hingga melihat langsung ke ruang magot.

Saat dikonfirmasi langsung Beritainspiratif.com di lokasi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis menyampaikan bahwa kegiatan pengolahan sampah ini sudah menjadi program nasional. Pihaknya telah melakukan pengolahan sampah diwilayah, namun belum aktif.  

“Makanya kami datang kesini (Sukamiskin, red) bagaimana trik-triknya, cara pendekatan kepada masyarakat serta pendanaanya. Kami juga sudah melakukan kolaborasi juga dengan Universitas di Kabupaten Bengkayang sudah membuat kelompok dan sebagainya hanya belum jalan,” jelas Istri Bupati Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis.

Baca Juga: ITB raih PERHUMAS PR EXCELLENCE Award 2023 Kategori Environmental, Social & Governance (ESG)

Terkait penerapannya di Kabupaten Bengkayang, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang mengungkapkan rencananya dari hasil kunjungannya ke Sukamiskin ini, kami akan mencoba mana yang bisa diterapkan disana.

“Makanya kami tadi banyak belajar dan tanya tanya sama Bu Lurah, nanti kami akan lihat mana yang bisa diterapkan di daerah kami (Bengkayang, red),” lanjutnya.

Tentang pemilihan lokasi dan di tetapkannya Sukamiskin sebagai lokasi kunjungan, Ketua TP PKK Bengkayang mengungkapkan karena prestasi yang banyak diraih oleh Sukamiskin.

“Karena prestasi Sukamiskin dari hasil kami searching di google, dan sebagainya termasuk masyarakat dan tempatnya. Mengingat menggerakan masyarakat itu menjadi kunci suksesnya pengelolaan sampah,” pungkasnya.

Diakhir kunjungan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis beserta rombongan didampingi Lurah Sukamiskin dan TP PKK Sukamiskin dan TP PKK RW 02 berkesempatan melakukan panen sosin dan foto bersama.

“Makan mie, untuk masak, untuk keperluan keluarga nggak susah susah, tinggal petik saja di halaman rumah,” ungkap Ny. Anita S. Darwis sembari mengangkat hasil panen sosin di RW 02 Sukamiskin.

Tonton juga: Video Kunjungan TP PKK Kabupaten Bengkayang ke Sukamiskin

Kunjungan ke RW 17 Sukamiskin

Pada kunjungan ke kawasan bebas sampah (Kang Pisman) RW 17 Sukamiskin disambut langsung Ketua RW 17 Sukamiskin Andang beserta jajaran dan TP PKK RW 17 dan menikmati sajian makan siang. Selain itu  RW 17 Sukamiskin juga menghadirkan produk UMKM dari warganya.

Ketua RW 17 Andang menceritakan bahwa di wilayah ini terdapat kolam retensi milik Pemkot Bandung yang dimanfaatkan oleh warga untuk budidaya ikan, dan dimanfaatkan untuk kegiatan sosial ke warga disekitar RW 17.

“Kami memiliki unggulan lain seperti Posyandu Manggis yang mencatat prestasi Juara 1 Kota Bandung dan Juara 2 tingkat Provinsi Jawa Barat. UMKM disini banyak, seperti Lilin yang sudah juara nasional, hingga konveksi/fashion yang sudah merambah ke Malaysia,” terangnya.

Pesona Kabupaten Bengkayang

Dikesempatan ini Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Kabupaten Bengkayang Ny. Anita S. Darwis juga memperkenalkan keunggulan dan geografis yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Diungkapkannya bahwa di Kabupaten Bengkayang memiliki 17 Kecamatan, dan para penghuninya hampir rata-rata adalah pendatang.

“Ada Sunda, ada Jawa dan penduduk asli Dayak dan sebagainya,” ungkapnya.

Terkait cuaca di Kabupaten Bengkayang merupakan daerah panas yang dilalui garis khatulistiwa. Wilayah Kabupaten Bengkayang merupakan kawasan yang lengkap terdiri dari pegunungan, dataran, dan pesisir.

“Jadi kalau searching di google tidak heran kalau Kabupaten Bengkayang sering mendapatkan penghargaan anugerah pesona Indonesia. Kalau bapak mau lihat Balinya Borneo ada di Kabupaten Bengkayang,” jelasnya yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Selain itu ada wisata air Pulau Lemukutan yang memperoleh penghargaan nasional juara 1 Pesona Indonesia.

“Jadi kalau kita mau ke Malaysia daerah Serawak itu tinggal selangkah saja, kita sudah di Malaysia. Tidak heran diantara rombongan kami  logatnya mirip dengan bahasa Malaysia, karena kami dekat sekali,” ungkapnya.

“Jadi kalau bapak searching lagi di google itu ada rumah baluk dan nyobeng, ini sudah meraih penghargaan tingkat nasional, dan saat ini tengah diajukan ke tingkat Internasional,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Mahasiswa Tidak Wajib Skripsi Lagi, Ini Aturan Barunya

-Mulai 1 September Dibuka Kembali, Inilah Aturan Pembuangan Sampah ke TPA Sarimukti

-Ketua DPRD Kota Bandung Apresiasi Penanganan Sampah di Sukamiskin

-Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Seleksi CALON ASN Mulai 17 September 2023

-Mulai 1 September Naik Kereta Cukup SCAN WAJAH, Begini Caranya!

 

 

 

Berita Terkait