Sosok Ari Riadi Sang Kreator Logo HJKB 213, Ini Makna dan Filosofinya

Dari kiri: Kadisbudpar Kota Bandung, Plh Wali Kota Bandung dan Ari Riadi sang kreator logo Hari Jadi ke-213 Kota Bandung (HJKB) pada peluncuran yang berlangsung di Hotel El Royal, Minggu 27 Agustus 2023 / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kota Bandung akan merayakan hari jadinya yang ke-213 pada 25 September 2023. Meriahkan acara tersebut Pemkot Bandung meluncurkan logo Hari Jadi ke-213 Kota Bandung (HJKB) berlangsung di Hotel El Royal, Minggu 27 Agustus 2023.

Logo ini memiliki representasi visual dari tema HJKB yaitu 'Bandung Unggul' yang terdiri dari empat makna filosofi, di antara bersatu, berkarya, kolaborasi, dan unggul. Desain logo juga disesuaikan dengan kebutuhan desain kontemporer, sehingga fungsional dan dapat dengan mudah diadaptasi ke berbagai media.

Keempat makna logo ini saling berkaitan satu sama lain. Untuk mewujudkan tujuan Bandung yang unggul, diperlukan fondasi yang kuat dengan menerapkan prinsip dasar "Bersatu". 

Kemudian, perjalanan dilanjutkan melalui upaya "berkarya" serta "kolaborasi". Prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam komposisi desain logo yang menciptakan kesan dinamis dan harmonis. 

Makna bersatu divisualisasikan melalui gambar tiga buah garis berwarna biru, kuning dan hijau yang bertemu pada satu lintasan. Ini mengandung arti Kota Bandung menjadi tempat yang mampu bersatu dalam kemajemukan.

Kemudian filosofi nilai berkarya divisualisasikan melalui garis vertikal dan garis lengkung majemuk. Setiap garis membentuk angka “2”, “1”, dan “3” sebagai penanda Hari Jadi ke-213 Kota Bandung.

Setiap garis diartikan sebagai entitas yang berkarya pada bidang dan keahlian masing-masing. Lalu, makna kolaborsi digambarkan melalui dua buah garis yang bergerak beriringan membentuk angka ‘213’. 

Terakhir, Bandung Unggul divisualisasikan dengan pilar Jalan Layang Pasupati sebagai landmark Kota Bandung. Pilar yang menjulang tinggi dan membentuk angka ‘1’ menyiratkan posisi Kota Bandung yang unggul dan berjaya.

Selain itu, paduan warna logo HJKB 213 menggunakan tiga warna dasar yang diambil dari warna Lambang Daerah Kota Bandung, yaitu kuning, biru dan hijau. Kemudian dibuat dua buah value warna tua dan muda.

Pemilihan kedua value warna tersebut menyiratkan kolaborasi lintas generasi, regenerasi dan tongkat estafet untuk mewujudkan Bandung Unggul.

Baca Juga: Gubernur Jabar Harap Lomba Kereta Peti Sabun Bisa Capai Taraf Internasional

Logo HJKB 213 lahir dari buah karya seorang desainer grafis muda asal Garut, Jawa Barat bernama Ari Riadi. Selain menjadi praktisi desain, ia juga aktif di dunia pendidikan vokasi. Kini Ari mengajar sebagai Instruktur Desain Grafis di Balai Pelatihan Kerja.

Ari telah menekuni bidang desain sejak bangku SMK. Ketertarikannya terhadap dunia desain membawanya untuk melanjutkan studi pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Telkom Bandung. 

Semasa kuliah, ia juga aktif mengikuti organisasi dan berbagai kompetisi desain hingga mampu menorehkan prestasi. Pada tahun 2020, Ari melanjutkan studi pada program Magister Desain di Universitas Telkom dan memperoleh gelar Magister pada tahun 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, prosesnya sayembara dimulai dari 10-22 Agustus 2023. 

Terdapat 365 logo yang masuk. Namun, yang diterima dan memenuhi kriteria ada 346 logo. Kemudian, dari hasil penilaian menghasilkan lima besar desain logo terbaik.

"Logo ini merupakan identitas atau simbol dalam peringatan tahunan HJKB pada 25 September tahun 2023. Diharapkan bisa menjadi gong penanda dimulainya rangkaian HJKB 213 dan kita publikasi kepada masyarakat," kata Arief.

Dari lima besar tersebut, keluarlah nama Ari Riadi sebagai pemenang. Ari mengaku, saat membuat logo, ia optimis mampu memenangkan sayembara tersebut.

Berkat logo tersebut, Ari pun memperoleh hadiah sebesar Rp15 juta. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Segera Daftar! SBM ITB Buka Beasiswa Mini SBM bagi Lulusan SMA/SMK, Ini link nya!

-HUT Ke-78: Gubernur Jabar Serahkan Penghargaan ke Kota Bandung Juara di Empat Lomba

-Inilah 12 Media Online Peraih Penghargaan AMSI Awards 2023

-Pemkot Bandung Larang Warga Buang Sampah ke TPS dan Sungai Mulai 24 Agustus

-CEO Tempo Wahyu Dhyatmika Terpilih Jadi Ketua Umum AMSI Periode 2023-2027

-DAFTARKAN! Mulai 1 Januari 2024, Hanya Pengguna Terdata yang Dapat Beli LPG 3 Kg

Berita Terkait