IDC 2023: Teknologi Artificial Intelligence Mampu Mengubah Perilaku dan Budaya Perusahaan



BANDUNG, BERITAINSPIRATIF.COM - Pelaku usaha menilai pemanfaatan teknologi, khususnya kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), telah membantu meningkatkan pelayanan perusahaan kepada pelanggan. Bahkan teknologi AI terbukti mampu mengubah culture dan behaviour pegawai.

Poin tersebut mengemuka dalam diskusi The Future of AI for Business Transformation di acara Indonesia Digital Conference yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Hotel El Royale Bandung, Jawa Barat, Selasa, 22 Agustus 2023.

AMSI tahun ini menggelar IDC 2023 serta AMSI Awards 2023 di Hotel El Royale, Bandung, Jawa Barat pada 22-23 Agustus 2023. IDC 2023 ini mengambil tema “Artificial Intelligence for Business Transformation: Tantangan Etik, Inovasi, Produktivitas, dan Daya Saing di berbagai Sektor”.

Baca Juga: IDC 2023 Dibuka, Wamen Kominfo: Industri Media Jangan Cemas dengan Disrupsi Artificial Intelligence

IDC 2023 menghadirkan lima sesi diskusi dan master class dalam dua hari pelaksanaan IDC 2023. Indonesia Digital Conference (IDC) dan AMSI Awards 2023 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber (AMSI) didukung Internews dan USAID MEDIA.

IDC 2023 dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut, Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika, USAID Mission Director Jeffrey P Cohen, dan Plt Asisten Umum Setda Pemprov Jabar Berli Hamdani mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

SVP Intergrated Data and Command Center PT Pertamina (Persero), Ignatius Sigit Prastopo  mengatakan teknologi adalah akselerator untuk perkembangan bisnis. Penerapan teknologi digital di lingkungan Pertamina diterapkan dengan penerapan 360 derajat yang menghubungkan data dengan proses analisis.

Dengan proses yang berjalan, Pertamina nantinya bisa memperoleh sebuah outcome yang bisa menciptakan nilai lebih baik bagi perusahaan dan konsumen.

Salah satu best practise dalam operasional Pertamina juga turut diterapkan dalam mengolah data konsumen di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Dari jutaan transaksi yang tercatat di SPBU, perusahaan bisa mengolahnya untuk mempelajari perilaku konsumen.

"Kami juga bisa mengendalikan agar BBM subsidi bisa tepat sasaran sehingga seluruh proses dilakukan lebih tepat dan efisien," ujarnya.

Baca Juga: DIGELAR DI BANDUNG, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu Pimpin Ketua Dewan Juri AMSI AWARDS 2023

Hal senada disampaikan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi yang telah mulai menerapkan teknologi digital khususnya AI dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya.

Menurut Ari, PLN telah memetakan 24 program transformasi yang akan dijalankan perusahaan dengan 17 di antaranya berkaitan dengan digital. Dalam perkembangannya, pemetaan ini menghasilkan 29 program transformasi.

Penerapan teknologi digitalisasi misalnya diterapkan dalam pemantauan pengiriman batubara yang lebih terkontrol. Sistem yang dikembangkan PLN ini bahkan sudah bisa mengintegrasikan data dengan Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Tak hanya dalam proses bisnis internal, PLN juga sudah sejak lama mengembangkan digitalisasi dalam pelayanan digital. Salah satu output yang dihasilkan adalah aplikasi PLN Mobile yang sudah diunduh 43 juta downloader dari 85 juta pelanggan PLN.

"Ini kami bangun dengan memasukkan seluruh kebutuhan PLN yang tersimpan dalam aplikasi ini. Kehadiran PLN Mobile tak hanya mengubah proses bisnis di dalam PLN tapi juga mengubah behaviour dan culture PLN," ungkap Ari.

PLN bahkan sedang membangun fitur chatbot dengan dukungan generatif AI yang bisa melayani pelanggan dengan lebih humanis. "Di tahap awal pelanggan mungkin belum bisa merasakannya. Namun di tahap berikutnya, penerapan AI akan lebih advance dalam memfasilitasi kebutuhan pelanggan," ujarnya.

Berbagai program transformasi yang dilakukan PLN juga tak lepas dari visi mengubah mindset dari perusahaan listrik menjadi beyond electricity company.

Penerapan teknologi AI juga sudah sejak lama dikembangkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang diakui telah memberikan benefit untuk pengembangan perusahaan. Penerapan teknologi ini juga telah membantu upaya efisiensi dengan keberhasilannya menekan biaya serta capital expenditure (Capex).

"AI juga menghasilan bette consumer optimatization karena membantu perusahaan mengetahui perilaku dari konsumennya," ujar Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Fajrin Rasyid.

Telkom, lanjut Fajrin, sudah sejak lama bertransformasi menjadi tak hanya penyedia connectivity tapi juga platform digital. Upaya ini didukung dengan membantu data center di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan Batam serta mengembangan big data AI dan berbagai platform.

Secara khusus Fajrin menyoroti pengembangan teknologi AI di Tanah Air juga membuat perusahaan tak lagi terbtas dalam pengembangan usaha yang membuat kompetisi semakin meningkat. Dengan fenomena ini, Fajrin mengingatkan kolaborasi dengan berbagai pihak sangat diperlukan untk mengikuti perubahan teknologi yang sangat cepat.

"Saya suka dengan spirit Coopetation atau cooperation dan competition. Kalau ada yang bersinggungan maka bersaing dengan sehat. Perubahan teknologi sangat cepat sehingga perlu kolaborasi," ujarnya.

CEO Nodeflux Meidy Fitranto turut menambahkan perkembangan teknologi AI di Indonesia sebetulnya sudah melalui perjalanan yang sangat panjang. Indonesia sudah mulai berusaha mengembangkan AI ketika meluncurkan Startegi Nasional Kecerdasan Artifisial RI (Stranas KA) 2020-2045.

"Namun saat ini belum diketahui lagi siapa yang mengelola program nasional ini," ujar Meidy.

Dia menuturkan dunia saat ini berada dalam kondisi perkembangan teknologi yang sangat cepat. Namun dia mengajak agar keberadaan AI jangan dipikirkan terlalu kompleks.

"Mendekatkan diri dengan tools teknologi akan menjaga kita tetap mengikuti perkembangan. Ada changing yang sedang berubah sangat cepat di dunia," ujar Meidy yang mengungkapkan Nodeflux yang didirikannya sejak tahun 2016 merupakan karya anak bangsa dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri mencapai 99,04 persen.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Segera Daftar! SBM ITB Buka Beasiswa Mini SBM bagi Lulusan SMA/SMK, Ini link nya!

-HUT Ke-78: Gubernur Jabar Serahkan Penghargaan ke Kota Bandung Juara di Empat Lomba

-Mulai 19 Agustus Akses Tol KM 149 GEDEBAGE Kembali Dibuka

Berita Terkait