Polri Bentangkan Merah Putih Raksasa di Jembatan Pulau Balang Kaltim



BERITAINSPIRATIF.COM - Polri telah membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur. Langkah ini diambil oleh Polri dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Proses pemasangan bendera yang memiliki ukuran 4 x 200 meter tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2023. Sebanyak 1.000 orang dari berbagai unsur, termasuk TNI, Polri, pemerintah daerah, Basarnas, BNN Daerah, BPBD, PUPR, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat adat, turut berpartisipasi dalam acara ini.

Baca Juga: Mulai 19 Agustus Akses Tol KM 149 GEDEBAGE Kembali Dibuka

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa perayaan kemerdekaan tahun ini memiliki makna khusus karena Indonesia telah berhasil mengatasi pandemi COVID-19.

“Kenapa harus jembatan Pulau Balang? Karena jembatan tersebut merupakan jembatan yang akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN (Ibu Kota Negara) dan merupakan simbol megah yang sementara ini sudah ada terkait pembangunan IKN Nusantara di Kaltim,” kata Kapolri dalam video kolosal Hari Kemerdekaan Ke-78 RI, dikutip Sabtu (19/8/2023).

Baca Juga: Satgas Yonif 623 Bentangkan Bendera Raksasa di Pedalaman Papua

Dalam video peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Kapolri juga menyoroti peran besar Polri dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kapolri dan jajaran pimpinan Polri terlibat langsung dalam memerangi virus global tersebut.

Kapolri mengingatkan tentang pentingnya persatuan dalam keberagaman Indonesia.

“Kita terlahir dengan keberagaman. Kita berbeda, namun terikat satu tujuan. Kita tak sama, tapi akan terus bergerak bersama. Melangkah, terus merajut persatuan dan kesatuan,” ujar Kapolri.

Video kemudian menampilkan anggota-anggota kepolisian dari seluruh pelosok negeri. Kiprah para Korps Bhayangkara itu bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Jiwa raga ini untukmu, NKRI. Satu rasa saling memiliki. Saling bergandengan tangan. Berjuang untuk kemajuan. Berlarilah, terus berlari,” kata Kapolri.

Kapolri mengajak seluruh warga Indonesia untuk membangkitkan semangat perjuangan

“Biarkan merah, kobarkan semangat perjuangan dalam darah. Biarkan putih, bergelora dalam sanubari. Membawa kedamaian untuk Ibu Pertiwi. Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” pungkas Kapolri.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(Yanis) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

-Segera Daftar! SBM ITB Buka Beasiswa Mini SBM bagi Lulusan SMA/SMK, Ini link nya!

-HUT Ke-78: Gubernur Jabar Serahkan Penghargaan ke Kota Bandung Juara di Empat Lomba

-Mulai 19 Agustus Akses Tol KM 149 GEDEBAGE Kembali Dibuka

Berita Terkait