Terbesar Sepanjang 10 Tahun, POCARI SWEAT RUN 2023 Pecahkan Rekor Jumlah Pelari



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas Melepas Pocari Sweat Run Indonesia ke - 10 yang diikuti 11.875 pelari dengan start di Gedung Sate Bandung, dan 15.523 pelari ikut berlari di 404 kota seluruh Indonesia yang secara virtual tergabung dalam event ini pada Ahad (30/7/2023). 

Setelah melakukan flag off, Ridwan Kamil turut ikut bergabung dengan pelari lainnya. Ia finis di kategori 10 K. Para peserta juga mendapatkan medali khusus yang didesain langsung oleh Ridwan Kamil.

"Saya bisa finis di kategori 10 K padahal baru sampai Bandung jam 11 malam setelah kunjungan kerja ke Tiongkok," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: HUT RI, Warga Bandung Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih Mulai 1 Agustus

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menuturkan, Pocari Sweat Run Indonesia merupakan event lari legendaris yang berlangsung setiap tahun sejak 2014. Ia menyebut, Pocari Sweat Run Indonesia 2023 pecah rekor dengan total pelari berjumlah 27 ribu.

"Barang siapa konsisten bikin acara lebih dari 5 tahun biasanya umurnya panjang contoh seperti maraton-maraton di negara lain. Karena itu saya meyakini ini adalah event luar biasa sudah 10 tahun dan sukses pecah rekor 27 ribu pelari," tutur Kang Emil.

Tingkatkan Ekonomi

Dampak dari event tersebut salah satunya tingkat keterisian hotel di Kota Bandung meningkat. Para pelaku UMKM juga dilibatkan dalam rangkaian Pocari Sweat Run Indonesia 2023 yang digelar di Kota Bandung.

Kang Emil mengatakan, hal itu merupakan contoh suskes penyelenggaraan sport event yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Pecah rekor semuanya luar biasa, hotel dan restoran penuh, inilah contoh sport event yang sukses," tuturnya.

Kang Emil optimistis, penyelenggaraan Pocari Sweat Run Indonesia di tahun berikutnya akan kembali menuai kesuksesan dan membawa dampak positif ekonomi di Jabar. Ia sendiri sudah membersamai event tersebut selama 10 tahun.

"Saya sudah membersamai acara ini 5 tahun sebagai Wali Kota Bandung dan 5 tahun sebagai Gubernur Jabar, sekarang adalah tahun terakhir saya sebagai Gubernur Jabar. Saya doakan makin sukses, ramai, luar biasa dan bisa membawa dampak positif bagi ekonomi Jabar," ucapnya.

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Umumkan Pemberhentian Yana Mulyana Sebagai Wali Kota

Menurut Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, sudah satu dekade Pocari Sweat konsisten mengedukasi keselamatan berlari kepada pelari di Indonesia. 

Mulai dari persiapan program latihan, pencegahan cedera, kesiapan tenaga medis yang lengkap di sepanjang rute, hingga penyediaan hydration point di setiap 2 sampai 2,5 kilometer demi mencegah dehidrasi dan mendukung performa yang baik. 

Pocari Sweat Run Indonesia 2023 merupakan kolaborasi PT Amerta Indah Otsuka dengan Pemdaprov Jabar, Pemkot Bandung, Kemenparekraf RI, dan seluruh sponsor acara. 

"Semoga di tahun ke-10 ini Pocari Sweat Run Indonesia bisa menghadirkan pengalaman berbeda dan memberikan kesan tersendiri bagi para pelari di seluruh Indonesia," ujar Wina dalam keterangan resmi yang diterima Humas Jabar, Sabtu (29/7/2023). 

Baca Juga: Ribuan Warga Meriahkan ASIAN AFRICAN FESTIVAL 2023 di Kota Bandung

Rute Pocari Sweat Run Indonesia 2023 terbagi menjadi tiga kategori jarak dengan rute berbeda - beda, yakni Marathon, Half Marathon dan 10 KM.

Sebelumnya ratusan pelari Pocari Sweat Run Indonesia 2023 tersebut melakukan carbohydrate loading di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Sabtu (29/7/2023) malam.

Carbohydrate loading yang bertujuan meningkatkan performa pelari maraton itu dilakukan sebelum memulai lomba pada Ahad (30/7/2023) pukul 05.00. Para pelari yang hadir saat carbo loading tersebut mulai dari atlet, kepala daerah, hingga publik figur.

Ratusan pelari ini hanya sebagian dari sekitar 11.800 pelari yang akan start dari Gedung Sate Bandung.

Sambil menyantap menu karbohidrat para pelari disambut hangat oleh tuan rumah istri Gubernur Jabar Atalia Ridwan Kamil.

"Malam minggu nonton Avengers, sambil ngemil gorengan bakwan, wilujeng sumping para runners, di gedung bersejarah bernama Pakuan," sambut Atalia lewat pantun.

Atalia mengucapkan terima kasih karena Kota Bandung untuk kesekian kalinya dipilih kembali menjadi tuan rumah Pocari Sweat Run Indonesia. 

Menurutnya penyelanggaraan tahun ini merupakan yang terbesar sepanjang sepuluh tahun terakhir.

"Terima kasih Kota Bandung dipilih kembali jadi tuan rumah di spesial satu dekade. Luar biasa antusiasme yang ingin ikut serta mencapai 27 ribu dan masih banyak yang ingin ikut serta," ujarnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

-Pertamina Luncurkan BBM Baru 'Pertamax Green 95' Ini Keunggulannya!

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

Berita Terkait