7 Jenis Olahraga yang Dapat Memperpanjang Usia

Foto: copyright thinkstockphotos.com


BERITAINSPIRATIF.COM - Olahraga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Faktanya, rutin berolahraga bisa mencegah penyakit kronis. Di sisi lain, olahraga juga bisa memperpanjang umur.

Penelitian yang diterbitkan jurnal Mayo Clinic Proceedings yang melibatkan data dari The Copenhagen City Heart Study (CCHS) menyebutkan, olahraga tertentu dapat membantu Anda hidup lebih kuat. Alhasil, hal itu akan berdampak pada umur yang lebih panjang.

Lantas, apa saja olahraga yang memperpanjang umur?

Penelitian yang dilakukan selama 25 tahun dengan melacak lebih dari 8.500 orang menemukan jenis olahraga yang bisa meningkatkan harapan hidup seseorang.

Temuan menunjukkan, orang-orang yang melaporkan hampir tidak pernah berolahraga lebih mungkin meninggal dalam beberapa dekade berikutnya dibandingkan mereka yang aktif.

Baca Juga: Mulai Oktober! Penerbangan dari Bandara Husein Akan Dialihkan ke BIJB Kertajati

Berikut olahraga yang bisa memperpanjang umur:

1. Tenis lapangan

Studi menunjukkan bahwa olahraga tenis lapangan bisa memperpanjang umur hingga 9,7 tahun dibanding mereka yang tidak berolahraga. Meskipun begitu, penelitian belum menemukan korelasi antara olahraga tenis dengan kemungkinan umur panjang.

2. Bulu tangkis

Dilansir dari New York Times, selain tenis lapangan, olahraga lain yang menggunakan raket seperti bulu tangkis juga bisa memperpanjang umur.

Olahraga bulu tangkis dapat memperpanjang harapan hidup hingga 6,2 tahun lebih lama. Bahkan, studi menemukan mereka yang rutin melakukan aktivitas ini memiliki harapan hidup lebih tinggi daripada olahraga lain, seperti jogging.

3. Sepak bola

Olahraga yang melibatkan kelompok ini terbukti bisa meningkatkan angka harapan hidup hingga 4,7 tahun dibandingkan mereka yang tidak bergerak.

Olahraga satu ini menuntut pelaku untuk bergerak lebih aktif.

4. Bersepeda

Mereka yang bersepeda secara rutin memiliki kemungkinan hidup 3,7 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak beraktivitas.

Dalam penelitian, partisipan bersepeda selama empat jam atau lebih setiap minggunya. Kegiatan mengayuh ini disebutkan menambah rata-rata 3,7 tahun usia mereka yang bersepeda.

5. Berenang

Olahraga di dalam air satu ini memiliki segudang manfaat, salah satunya menambah umur.

Menurut Guardian, atlet pria yang melakukan olahraga di air, berpotensi memiliki umur yang lebih panjang sebesar 22 persen.  Atau 3,9 tahun hidup lebih lama daripada mereka yang tidak bergerak.

6. Joging

Joging atau berlari kecil juga bisa meningkatkan kemungkinan umur panjang hingga 3,2 tahun daripada mereka yang tidak berolahraga.

Masih dari sumber yang sama, studi yang didanai Bayes Business School menemukan, pelari jarak jauh memiliki kemungkinan sedikit berumur panjang dibanding mereka yang berlari jarak pendek.

7. Senam

Dikutip dari Eating Well, olahraga aerobik berupa senam juga bisa meningkatkan harapan hidup seseorang hingga 3,1 tahun dibanding mereka yang tidak.

Baca Juga: IDEALKAH Berat Badanmu? Ini Cara Mudah Hitung Kadar Lemak Dalam Tubuh

Berapa lama durasi olahraga?

Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan olahraga intensitas sedang sebaiknya dilakukan selama 150-300 menit per minggu.

Sementara itu, olahraga dengan intensitas berat pada orang dewasa dianjurkan dilakukan selama 75-150 menit per minggu.

Kendati demikian, diberitakan oleh CNN, mereka yang berolahraga lebih dari anjuran itu justru mampu melampaui level hidup lebih lama.

Penelitian itu dilakukan dengan menganalisis lebih dari 116.000 orang dewasa selama 30 tahun dan diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Circulation.

Hasilnya, risiko kematian dini menurun pada mereka yang melaporkan berolahraga dengan intensitas berat selama 150-300 menit selama seminggu. Risiko penurunan kematian dini juga terjadi pada mereka yang memiliki aktivitas sedang selama 300-600 menit per minggu.[Sumber:Kompas.com]

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-GRATIS Selama 3 Bulan, Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung 32 Menit

-Kemendikbud Tegaskan Wisuda Sekolah Tak Wajib Bagi TK Hingga SMA

-Sukamiskin Melaju ke Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

-Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

-Desa Kauman KUDUS Study Tiru Keberhasilan SUKAMISKIN BANDUNG

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

-Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung Bandara Kertajati, Cileunyi-Cipali 40 Menit

Berita Terkait