Rekor! 99 Persen Ketua RW di SWK Tegallega Hadir di Sosialisasi Kang Pisman

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna didampingi Kepala DLH Kota Bandung saat acara Talkshow Sosialisasi Kang Pisman untuk Sub Wilayah Kota (SWK) Tegallega berlangsung, Minggu 18 Juni 2023. / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung menggelar sosialisasi Kang Pisman terakhir yang digelar di Sub Wilayah Kota (SWK) Tegallega  berlangsung di Padepokan Seni Mayang Sunda (Jalan Peta No.209, Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler), Kota Bandung, Minggu (18/6/2023).

Dengan demikian Pemerintah Kota Bandung telah melakukan roadshow talkshow dan sosialisasi Kang Pisman di 6 (enam) SWK meliputi SWK Gedebage, SWK Ubermanik, SWK Bojonegera, SWK Cibeunying, SWK Karees dan terakhir di SWK Tegallega, dengan total peserta 1.568 RW di Seluruh Sub Wilayah Kota (SWK) se Kota Bandung.

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, upaya pengolahan sampah ini bisa dilakukan secara masif di seluruh RW yang ada di Kota Bandung dengan metode bola salju. 

"Ini artinya pesan dan sosialiasi kita bisa tersampaikan langsung. Semoga terus berproses dan berprogres," terangnya saat di SWK Tegallega.

Baca Juga: Google Akan Hapus Akun Gmail, Segera Lakukan Ini Agar Email Tak Hilang

Baca Juga: 2 Minggu Lagi Kolam Retensi Babakan Ciparay dan Rancasari Akan Selesai

Ema optimis penanganan sampah di Kota Bandung dapat dilakukan dengan baik. Ia berkaca pada contoh kawasan yang telah berhasil menangani masalah sampah.

Seperti misalnya di RW 12 Maleer, di RW 02 Cipamokolan, RW 02 Sukamiskin dan di RW 7 Sarijadi.

"Saya yakin akan muncul Kawasan Bebas Sampah (KBS) baru, harapannya di seluruh Kawasan Kota Bandung Bisa Bebas sampah, "harapnya.

"Kontribusi masyarakat untuk menyelesaikan masalah sampah ini menjadi kunci. Kita lebih baik hidup dari sampah, daripada hidup jadi sampah," tuturnya. 

Baca Juga: Sosialisasi Kang Pisman di SWK Karees, Ketua DPRD Kota Bandung Acungi Jempol

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudi Prayudi mengungkapkan, wilayah atau kawasan yang sukses menerapkan Kang Pisman cenderung tidak mengalami masalah saat terjadi penumpukan sampah. 

Selain itu, Dudi juga menyampaikan saat ini 55 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang sempat mengalami penumpukan pasca Idulfitri, kini semuanya sudah normal.

Meski begitu, kata Dudi, hal ini bukan berarti penanganan sampah selesai.

"Kita tidak bisa berleha-leha. Sebab TPA Sarimukti sudah overload. Jadi, mari terapkan Kang Pisman. Seperti sama-sama diketahui, daerah yang menerapkan Kang Pisman tidak terpengaruh apa-apa saat terjadi penumpukan sampah kemarin," kata Dudi. **

Selain dihadiri Camat Astana Anyar, Camat Babakan Ciparay, Camat Bandung Kulon, Camat Bojongloa Kaler dan Camat Bojongloa Kidul beserta para Lurah se wilayah SWK Tegallega, tingkat kehadiran Ketua RW pada sosialisasi Kang Pisman di wilayah ini mencapai rekor.

"Sosialisasi Kang Pisman di SWK Tegallega menjadi catatan sendiri, mengingat RW yang hadir mencapai 99 persen atau hadir sebanyak 269 Ketua RW atau perwakilan dari jumlah 271 RW yang ada, ini merupakan rekor selama gelaran talkshow di 6 SWK," ujar Yanto pendamping DLH Kota Bandung saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (18/6/2023) malam.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Pemerintah Resmi Cabut Aturan Wajib Pakai Masker

-Penjelasan Bappelitbang dan DPRD, Terkait Kenaikan Insentif RT dan RW Kota Bandung

-YUK MERAPAT! Kota Bandung Buka 4.000 Lowongan Kerja di Job Fair, Ini Linknya!

-SUKAMISKIN Lolos 3 Besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat

Berita Terkait