POLISI RW Akan Diterapkan di Seluruh Indonesia

Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama memaparkan program Polisi RW. (Foto: dok. Istimewa)


BERITAINSPIRATIF.COM - Program Polisi RW yang digagas Polda Metro Jaya rencananya bakal diterapkan di semua wilayah di seluruh Indonesia. Polsek Tambora, Jakarta Barat, akan menjadi pilot project program tersebut.

Direktur Binmas Polda Metro, Kombes Badya Wijaya, mengatakan Baharkam Polri tengah melaksanakan studi banding tentang pelaksanaan Polisi RW di wilayah Polda Metro Jaya.

Sebanyak 34 direktur binmas polda se-Indonesia hadir langsung mengunjungi Polsek Tambora pada Rabu (11/4) hari ini. Sebagai percontohan, jajaran Polda Metro beserta Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama pun menjelaskan program tersebut.

"Betul saat ini program polisi RW yang dilaksanakan Polda Metro Jaya menjadi percontohan seluruh polda se-Indonesia. Kami dikunjungi pejabat dari Koorbinmas Baharkam Polri dan seluruh direktur binmas polda se-Indonesia, datang mengunjungi Polsek Tambora, Jakbar, untuk melihat langsung pelaksanaan program ini di lapangan," ungkap Badya dikutip ANTARA Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Wali Kota Gelar Silaturahmi Tiga Pilar Kewilayahan Se-Kota Bandung

Badya mengatakan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebut akan melanjutkan program yang digagas oleh Kapolda sebelumnya, Komjen Fadil Imran. Nantinya akan dilakukan penguatan terkait program tersebut.

"Kapolda Metro Jaya yang baru dalam arahan kepada kami juga meminta untuk dilaksanakan penguatan pada program Polisi RW ini sebagai tindak lanjut atas perintah Kapolri. Pak Kapolda Metro sudah memberikan perintah saat commander wish beliau di awal menjabat," ujarnya.

Baca Juga: Setelah Lebaran, Tol Cisumdawu Operasi Penuh di Akhir Mei 2023

Dia menyebutkan program Polisi RW penting dilakukan untuk meningkatkan intensitas komunikasi serta membangun interaksi positif antara polisi dan masyarakat. Termasuk nantinya anggota akan mendengarkan keresahan masyarakat serta mencari penyelesaiannya.

"Polisi RW itu seperti LO (liaison officer) saja, jika dia tidak mampu mengatasi masalah yang ada sendiri, maka dia wajib meneruskan permasalahan yang dilaporkan warga ke polsek atau polres untuk diselesaikan segera oleh polsek atau polres," ujarnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait