Camat Arcamanik Targetkan 95 Persen Balita Ikuti Imunisasi Polio

Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana (No. 2 dari kiri) saat memberikan imunisasi polio kepada Balita, usai membuka pekan Imunisasi Polio di Posyandu Manggis Gedung Serba Guna RW 17 Komplex Sarimas Kelurahan Sukamiskin, Senin (3/4/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana secara resmi melakukan pembukaan pencanangan Sub PIN Pekan Imunisasi Nasional Polio Tingkat Kecamatan Arcamanik melalui Gercep (Gerakan Arcamanik Cegah Polio) berlangsung di Posyandu Manggis Gedung Serba Guna RW 17 Komplex Sarimas Kelurahan Sukamiskin, Senin (3/4/2023)

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi acara, Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana dalam sambutan menyampaikan bahwa pelaksanaan imunisasi polio ini berlatarbelakang ditemukannya polio di Aceh dan Purwakarta.

Kemudian Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan telah menetapkan peristiwa polio tersebut sebagai kejadian luar biasa dan perlu penanganan serius.

Dari kejadian tersebut karena bersifat regional Jawa Barat, sehingga disebutkan sebagai Imunisasi Sub PIN Polio.

“Imunisasi polio serentak ini hanya dilaksanakan di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” ujar Willi.

“Polio ini virusnya itu menyerang syaraf-syaraf pembuluh yang ada di organ anak, sehingga menyebabkan kelumpuhan dan tak berdaya,” lanjutnya.

Baca Juga: Begini Cara Cetak Kartu Keluarga (KK) Sendiri di Rumah

Dalam upaya antisipasi pencegahan dan menjaga anak-anak kita, diperlukanlah imunisasi polio untuk anak usia 0 - 59 bulan. Imunisasi polio ini hanya dalam bentuk tetes (drop) ke mulut Balita sebanyak 2 tetes dengan rasa manis.

Kami berharap program imunisasi polio ini bisa diterima sebagai upaya percepatan pemulihan kesehatan balita.

“Kami targetkan 95 persen anak balita di Arcamanik diimunisasi, kalau bisa ya 100 persen,” harap Camat Arcamanik.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari 3 Kelurahan lainnya yakni Cisbinhar, Ciskul dan Cisend, dengan harapan dapat melaksanakan hal yang sama sesuai dengan jadwal.

“Jadwal se Kecamatan Arcamanik untuk 4 Kelurahan, untuk 56 RW, untuk 60 Posyandu yang ada di Arcamanik, sudah ada/terbit,” tegas Willi.

Tonton: Video Imunisasi Polio di Arcamanik

Camat Arcamanik berharap masyarakat membantu, dukung penuh dan support Puskesmas Arcamanik dan Rusunawa. Terutama mensosialisasikan dan mengedukasi kepada seluruh masyarakat tentang imunisasi polio ini.

“TP PKK, Kader dan lainnya semua bahu membahu, mensosialisasikan kepada masyarakat, termasuk juga dari KUA,” ujarnya.

“Lakukan kerjasama dengan 92 DKM di wilayah Arcamanik, untuk menginformasikan melalui masjid-masjid, lakukan berulang-ulang agar sampai ke masyarakat,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan imunisasi akan berlangsung mulai tanggal 3 hingga 12 April 2023 kemudian dilanjutkan selama 4 hari melakukan sweeping bersama Tim turun ke lapangan berupa kunjungan ke balita-balita yang belum melakukan imunisasi polio.

“Yakinkan masyarakat bahwa program ini adalah program aman, terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan anak kita,” pungkasnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim…pencanangan Sub PIN Polio se Kecamatan Arcamanik Tahun 2023 saya nyatakan di mulai,” menutup sambutannya.

Baca Juga: Dibangun Hanya 99 Jam, Masjid Al Barokah Garut Pecahkan Rekor MURI

Pada pencanangan pekan polio ini Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana berkenan memberikan imunisasi polio dengan meneteskan langsung ke mulut para Balita, dan diikuti Lurah Sukamiskin Farida Agustini dan Kepala UPT Puskesmas Arcamanik dr Riska dan lainnya.   

Usai pencanangan di RW 17 Sarimas, Camat Arcamanik beserta rombongan meninjau imunisasi polio yang secara bersamaan dilakukan pula di RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 04 Kelurahan Sukamiskin.

Hadir Camat Arcamanik, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Kepala UPT Puskesmas Arcamanik Dokter Riska, Ketua RW 17 Muaf, Ketua TP PKK Arcamanik, TP PKK Sukamiskin dan TP PKK RW 17 Kader Posyandu Manggis masing-masing disertai jajarannya, para Kasie/Staf se Kecamatan/Kelurahan Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta hadirin lainnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Sekolah Kedinasan Tahun 2023 Dibuka, Butuh Ribuan Taruna/Mahasiswa

-Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bandung dan Sekitarnya

-Cara Pesan Tiket Kunjungan ke Galeri Rasulullah Masjid Al Jabbar

-Link Pendaftaran Mudik Gratis Pemkot Bandung ke 5 Kota

-Foto di KTP Bisa Diganti, Begini Caranya!

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta