Tarhib Ramadan 1444 H Forum RT RW Kota Bandung, Dihadiri Wali Kota dan Tausyiah Prof. DR Miftah Faridl

Forum RT RW Kota Bandung bekerjasama dengan Baznas Kota Bandung menggelar pengajian dengan topik 'Tarhib Ramadan 1444 H Forum RT RW Kota Bandung', yang digelar secara virtual (online melalui zoom meeting) pada Minggu 19 Maret 2023 pukul 19.00 - 23.00 WIB Malam. / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan 1444 H, Forum RT RW Kota Bandung bekerjasama dengan Baznas Kota Bandung menggelar pengajian dengan topik “Tarhib Ramadan 1444 H Forum RT RW Kota Bandung”, yang digelar secara virtual (online melalui zoom meeting) pada Minggu 19 Maret 2023 pukul 19.00 - 23.00 WIB Malam.

Dipantau langsung Beritainspiratif.com, peserta yang hadir dalam acara ini adalah para Ketua RT RW se-Kota Bandung baik secara perorangan maupun nonton bareng para Ketua RT RW dalam satu zoom meeting di wilayahnya serta para Pengurus RT RW Kota Bandung.

Acara yang digelar pertama kalinya ini merupakan program kerja dari Bidang SDM dan Agama Forum RT RW Kota Bandung dengan Ketua  Akhmad Roziqin  yang juga Ketua Baznas Kota Bandung serta dipandu oleh Sekretaris Forum RT RW Kota Bandung  Dodo Sumantri.

Baca Juga: Masjid Raya Islamic Center Jatim di Surabaya Desain Ridwan Kamil Diresmikan

 

Baca Juga: Pemkot Bandung Beri Insentif PBB, Penghapusan Denda Hingga Pengurangan 100 persen

Tahrib Ramadan 1444 H ini diisi dengan tausyiah yang disampaikan Prof DR KH. Miftah Faridl - Ketua MUI Kota Bandung.

Selain Ketua Forum RT RW Kota Bandung H.Lily Maulana turut hadir Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Kabag Tapem Setda Kota Bandung Firman Nugraha dan beberapa Camat dan Lurah di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang digagas Forum RT RW Kota Bandung ini.

“Semoga Acara ini dapat di lanjutkan kembali sebagai perwujudan dalam upaya memperat tali silaturahmi meskipun dilakukan melalui virtual,” ungkap Wali Kota.

“Atas Nama Pemerintah Kota Bandung kami juga menyampaikan dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 1444 H, marilah kita saling memaafkan dan saling membersihkan diri dari segala kehilafan,” pungkasnya.

Baca Juga: Layanan PBB Kota Bandung Cukup Via Aplikasi 'TEMAN PBB', Inilah Fungsi dan Cara Installnya

Di kesempatan yang sama Akhmad Roziqin selaku Ketua Bidang SDM dan Agama Forum RT RW Kota Bandung  yang juga Ketua Baznas Kota Bandung mengharapkan kegiatan ini dapat membawa berkah dan insya Allah  memberikan pencerahan kepada kita semua dalam menghadapi bulan suci ramadan 1444 H.

“Insya Alloh acara seperti ini akan di agendakan kembali pada saat penyelenggaraan Nuzunul Qur'an dan menjelang Idhul Fitri,” jelasnya.

“Harapannya melalui acara ini akan lebih memperat tali silaturahmi dan lebih memantapkan ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Alloh sang pencipta,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana menyampaikan syukurnya acara ini dapat terselenggara meskipun dengan persiapan yang singkat dalam menyambut bulan suci ramadan 1444 H.

“Acara ini akan berlanjut selama bulan ramadan. Selain silaturahmi, Forum RT RW Kota Bandung akan terus mensosialisasikan program-program Pemerintah Kota Bandung dan memperdalam keilmuan dibidang keagamaan,” ujar Lily.

“Untuk itu kami berharap kepada KH. Miftah Faridl dapat memberikan tausyiah dan pencerahan kepada kami RT dan RW Kota Bandung dalam menjalani bulan suci ramadan 1444 H,” pungkasnya.

KH. Miftah Faridl dalam tausyiahnya memaparkan seputar saum beserta larangannya. Bahwa saum itu merupakan suatu tantangan bagi manusia agar dapat menjadi tangguh dan tabah dalam menghadapi tantangan, kesulitan dan cobaan.

“Dan setiap ibadah wajib yang dilakukan di bulan ramadan akan mendapatkan pahala 70 kali dibandingkan ibadah wajib yang dilakukan selain bulan ramadan,” tuturnya.

Kita harus bersyukur dan bergembira karena kita akan bertemu dengan bulan suci ramadan yang sarat dengan keberkahan.

“Jadi kesuksesan dan kemenangan itu banyak diperoleh pada bulan ramadan. Misalnya kemenangan dalam perang Badar,  lalu ratusan orang di Yaman masuk Islam di bulan ramadan, kemudian mengembalikan masjidil Aqsa ke umat Islam juga pada bulan ramadan,” ungkap KH. Miftah Faridl mencontohkan.

“Jangan lupa juga kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 itu terjadi pada bulan ramadan,” tambahnya.

Usai tausyiah KH. Miftah Faridl acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan diskusi internal seputar zakat yang disampaikan oleh Ketua Baznas Kota Bandung Akhmad Roziqin.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-112 Akan Jadi Nomor Tunggal Layanan Kegawatdaruratan di Kota Bandung

-Jadwal Pasar Murah Jelang Ramadan, di 30 Kecamatan Kota Bandung

-Kota Bandung Buka Layanan Pemeriksaan Hewan Gratis, Daftar via Online
-LUAR BIASA! Satu Keluarga Ini Semua Sukses Berprofesi Sebagai Dokter

-Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP dan Terdaftar di Database Pangkalan

-Pembangunan RS UNPAD JATINANGOR Dimulai, Target Beroperasi Januari 2024

-Layanan PBB Kota Bandung Cukup Via Aplikasi 'TEMAN PBB', Inilah Fungsi dan Cara Installnya

Berita Terkait