Pemkot Bandung Raih Predikat WTP 4 Kali Berturut-turut

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Kamis 1 Desember 2022.


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 4 kali berturut-turut.

Penghargaan diberikan Plt. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Arif Wibawa yang mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum.

Baca Juga: Pemkot Bandung Raih Penghargaan Smart Governance dari Kominfo

Perlu diketahui, Pemkot Bandung meraih penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) empat kali beruntun (quattrick) pada tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Yana menyampaikan, penghargaan yang diraih Kota Bandung merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari seluruh jajaran untuk mewujudkan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Selama ini, Pemkot Bandung terus berupaya menjalankan kewajiban dalam rangka mengelola secara transparan, akuntabel, efisien dan efektif. Opini WTP menjadi kepatutan bagi pemerintah," jelas Yana usai menerima penghargaan. 

Kendati demikian, Yana mengaku akan terus memperbaiki pengelolaan keuangan Pemkot Bandung. Mulai dari tata kelola aset serta semua hal yang material sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

"Kami akan tetap terus melakukan perbaikan. Salah satunya masalah aset, tapi kita perbaiki terus. Hingga tahun 2021, kita menerima WTP lagi. Alhamdulillah hari ini diberi bonus lagi oleh Bu Menteri. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi kami terus untuk lebih baik," ujar Yana.

Baca Juga:

-Inilah Daerah yang Dilewati Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa di Cianjur

-WAJIB TAHU! inilah 6 Cara Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

-Monyet Turun ke Rumah Warga, Pertanda Bencana Alam? Ini Kata BMKG Kota Bandung

-Pemerintah Siapkan Rumah Type 36 bagi Warga yang Relokasi Akibat Gempa Cianjur

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Arif Wibawa menyampaikan, penghargaan ini merupakan amanat Kementerian Keuangan atas prestasi Kota Bandung WTP 4 Kali beruntun.

"Kami datang ke sini menyampaikan amanat dari Ibu Menteri. Karena Kota Bandung mendapat WTP secara beruntun," kata Arif. 

"Pada dasarnya alokasi APBD itu dari Pemda dan ada sebagian dari pusat digunakan secara bertanggungjawab demi kesejahteraan masyarakat itu yang diharapkan," imbuhnya. **

(RV)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Forum RW Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp110 Juta lebih di Tujuh Desa di Cianjur

-Daftar 29 Bank yang Menjadi Peserta BI-Fast, Biaya Transfer Hanya Rp2.500

-Kisah Meli Yulian Penyintas HIV yang Bisa Berkeluarga dan Punya Keturunan

-Gempa Cianjur, Pemerintah Bantu untuk Rumah Rusak Berat Rp50 Juta

-Bukan Sesar Cimandiri, Ahli Unpad Ungkap Penyebab Lain Gempa Cianjur

Berita Terkait