Atalia Ridwan Kamil Wisuda Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Predikat Cum Laude

Atalia Praratya (tengah) usai mengikuti wisuda gelombang I Tahun Akademik 2022/2023 di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Selasa (8/11/2022) / Akun Medsos @Atalia Praratya


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan kepada para lulusan Universitas Padjadjaran agar memilih lapangan pekerjaan yang bisa bertahan lama dan tidak tergerus perubahan zaman. 

Menurutnya, lapangan pekerjaan yang dapat dipilih baik sebagai pengusaha maupun pekerja adalah yang dinamis, memiliki karakteristik memecahkan masalah (problem solving), serta bukan lapangan pekerjaan yang bersifat rutinitas yang input dan outputnya sama. 

Lapangan pekerjaan ini memerlukan kepemimpinan diri yang baik. Menurut Ridwan Kamil, pekerjaan tertinggi yang tidak akan punah menurut riset adalah kepemimpinan.  

"Saya doakan Anda semua menjadi pemimpin perusahaannya, pemimpin di institusinya, pemimpin di masyarakatnya, pemimpin di partai politiknya, semua yang berorientasi pada kepemimpinan itu adalah profesi yang tidak akan pernah hilang," ujar Ridwan Kamil dalam acara wisuda gelombang I Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Padjadjaran di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Kolaborasi 3 Alumni ITB, Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Pertama Hadir di Bangka Belitung

Lebih lanjut Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- juga meminta ratusan lulusan Unpad untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas. Hal itu perlu dilakukan untuk menjawab tantangan dan zaman.

"Dunia juga makin kompetetitif. Anda-anda yang tidak siap dengan disrupsi digital akan jadi gerbong yang ketinggalan kereta. Akan ada 80 juta pekerjaan yang akan hilang oleh revolusi digital. Sesuatu yang rutin akan hilang oleh mesin. Namun, di balik mundur 80 juta pekerjaan, akan hadir 100 jutaan pekerjaan baru dengan definisi baru," ucap Kang Emil.

Baca Juga:

-Pendaftaran PPPK Guru 2022 Dibuka, 3 Kelompok Ini Diprioritaskan

-Bantaran Sungai Cibodas Disulap Jadi RC Circuit Berskala Nasional

-Wow...Festival Bandung Ulin Pecahkan Rekor Permainan Tradisional Peserta Terbanyak

Kemudian, Kang Emil mengajak wisudawan/wisudawati Unpad untuk berkontribusi membangun daerah sekaligus berperan aktif membantu masyarakat dalam merespons ancaman resesi global pada 2023.

"Karenanya saya titipkan pesan ini, Anda-anda yang beruntung hari ini bantulah mereka yang merugi, Anda-anda yang pintar di hari ini bantulah mereka yang belum pintar di masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Wali Kota Beri Apresiasi Uang Tunai 3 Pleton Anggota Diskar Kota Bandung

Hal tersebut disampaikan Kang Emil saat turut mendampingi istrinya, Atalia Praratya Ridwan Kamil wisuda di Pascasarjana Unpad.

Atalia Praratya berhasil menempuh pendidikan Doktor di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (UNPAD) dengan predikat Cum Laude.

Ridwan Kamil pun mengunggah berita bahagia tersebut di instagram pribadinya dan berdoa semoga semua ilmunya bermanfaat bagi masyarakat.

"HARI ATALIA, Istri diwisuda doktoral S3 di Unpad. IP nya 4.0. Lulusnya Cum Laude. Sebagai suami selalu mendukung cita-cita istri. Semoga ilmunya Bermanfaat untuk masyarakat," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram @ridwankamil, Selasa 8 November 2022.

Ridwan Kamil juga menulis 3 keharuan di momen wisuda sang istri, yakni:

"Ada 3 keharuan: 1. Melihat istri bahagia saat naik mimbar wisuda. 2. Teringat ayahanda almarhum yang pernah menjadi dosen di Unpad ini sampai akhir hayatnya. 3. Teringat A Eril almarhum yang harusnya wisuda juga di akhir tahun ini. Dalam bahagia kita syukuri. Dalam sedih kita sabari. Karena kita hanya menjalani jalan takdir Sang Ilahi. @ataliapr #jabarjuara #indonesiajuara #ridwankamil," tulis Ridwan Kamil.

Sementara itu dikutip dari akun media sosial @Atalia Praratya mengungkapkan rasa bahagianya dengan menuliskan ungkapan selamat.

“Rasa bahagianya Hari ini bukan tentang siapa yg paling pintar, tapi siapa yg paling berusaha.Selamat kepada Wisudawan-Wisudawati Unpad Gelombang 1 2022. Selamat menempuh hidup baru di universitas kehidupan yg sebenarnya ..,” tulisnya.

(Yanis) 

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Tilang Manual Dihapus, Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

-Luar Biasa! Ketua RT di Sragen Diberikan Fasilitas Rumah Dinas

-90 Anggota Panwaslu Kecamatan Kota Bandung Dilantik, Ini Daftarnya!

-3 Lokasi Car Free Day di Kota Bandung Akan Dibuka Kembali 6 November

Berita Terkait