Pedagang Bubur Desa Cipanas Cianjur Raih Penghargaan Ketua RW Teraktif di Jabar 2022

Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah (kanan) saat menyerahkan penghargaan kepada Eri Ahmad Riyadi (kiri) Ketua RW 05 kampung belakang kulon Cipanas Cianjur pada Festival Literasi Digital Jawa Barat (VIRAL JABAR) 2022, yang digelar di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu 8 Oktober 2022 / Foto: dok. Desa/Kecamatan Cipanas Cianjur.


CIANJUR, BERITAINSPIRATIF.COM - Eri Ahmad Riyadi Ketua RW 05 Kampung Belakang Kulon Desa Cipanas Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur terpilih sebagai  penerima penghargaan pada Festival Literasi Digitas Jawa Barat (Viral) tahun 2022 sebagai KETUA RW TERAKTIF SAPAWARGA pada acara yang digelar di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu 8 Oktober 2022.

Pemberian Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah dalam acara Festival Literasi Digital Jawa Barat (VIRAL JABAR) 2022.

Penetapan tersebut berdasarkan Surat undangan dan penyerahan Apresiasi kepada penerima penghargaan Sapawarga Awards dan Desa Digital Awards No : 4312/KOM.03.01.10/PLDDIG dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Daerah Jawa Barat.

KATAGORI SAPAWARGA AWARDS

Ketua RW Teraktif: Eri Ahmad Riyadi
Ketua RW Terfavorit: Raden Fatkhul Mujib Suryonegoro
Ketua RW Paling Setia: Dedi Suryadi

Baca Juga: Medsos Pemkot Bandung Raih Predikat 1 Ajang Humas Jabar Awards

Kasie Pemerintahan Desa Cipanas Sendy saat dihubungi Beritainspiratif.com melalui sambungan telepon, Senin (10/10/2022) membenarkan hal tersebut.

“iya betul atas nama Eri Ahmad Riyadi Ketua RW 05 Desa Cipanas yang memperoleh penghargaan sebagai RW teraktif di Aplikasi Sapawarga Diskominfo Jabar,” ungkapnya.

“Pada Apel Pagi ini Senin (10/10/2022, red)  dilakukan penyerahan penghargaannya oleh Kepala Desa kepada Ketua RW 05 Eri Ahmad Riyadi,” tambahnya.

Ia menambahkan dalam Apel pagi tersebut Kepala Desa Cipanas M. Agus Sahputra mengaku sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih ketua RW 05 Desa Cipanas, pak Eri Ahmad Riyadi mendapatkan penghargaan Sapawarga Awards 2022 sebagai Ketua RW Teraktif.

“Ini merupakan hal yang sangat luar biasa bagi kami pemerintah Desa Cipanas, karena ada salah satu RW kami yang mendapat penghargaan langsung dari Bapak Gubernur Jawa Barat,” ujarnya.

Kades Agus menuturkan, penghargaan yang diterima ketua RW 05 diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para ketua RT dan RW yang ada di Desa Cipanas, untuk lebih aktif dalam mensukseskan program sapa warga karena akan berdampak baik terhadap masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Kami haturkan banyak terima kasih kepada bapak Eri yang sudah terpilih, terima kasih atas dedikasinya selama ini kepada pemerintah Desa Cipanas, mudah-mudahan bisa menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat,” ungkap Kades yang pesannya juga disampaikan kepada 19 Ketua RW Desa Cipanas yang turut hadir dalam apel pagi tersebut.

Baca Juga:

-Banjir Gedebage, Pemkot Bandung akan Aktifkan Sungai Cisaranten Lama

-Parkir di Balai Kota Bandung Kini Gunakan Kartu Khusus & E-Money

-Kota Bandung Akan Dibangun 2 Fly Over dan 2 Underpass, Ini Lokasinya!

-Kecamatan Bojongloa Kidul Juara Umum STQH ke-38

Profil Eri Ahmad Riyadi

Dihubungi Beritainspiratif.com melalui sambungan telepon Senin, (10/10/2022) Eri menyampaikan kegembiraan atas raihan prestasi tersebut saat dihubungi.

“Alhamdulillah…hatur nuhun..hatur nuhun,” ungkapnya kepada Beritainspiratif.com

Alumni SMA Muhammadiyah tahun 1986 ini mengungkapkan bahwa penilaian RW Teraktif tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni lebih kepada integratis Ketua RW.

“Sekarang tidak lagi berdasarkan update kegiatan, yang bisa diambil dari foto screenshoot orang lain, akan tetapi melalui survei dari sapawarga tentang pelayanan, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan dipantau langsung oleh tim sapawarga di medsos Ketua RW,” urainya.

“Ada survei yang dikirim sapawarga langsung ke Ketua RW terhadap kegiatan RW di tahun 2021-2022 dan per 26 Juli 2022 saya sudah masuk 5 besar, selanjutnya survei tersebut dikirim setelah pertanyaan dijawab melalui aplikasi sapawarga,”jelasnya.

“Data-data kegiatan kami tersebut juga diakui/dibenarkan oleh Camat dan Kepala Desa Cipanas,” tambahnya.

Baca Juga: Jabar Lepas Ekspor Ubi Cilembu ke Hongkong Senilai 300.000 USD

Riwayat Pekerjaan:

Tahun 1990 selepas SMA Eri bekerja selama 20 Tahun di Hotel Lembah Bukit Raya Cipanas   

“Berawal dari tukang cuci dan nyapu hotel,” jelasnya.

Bekerja selama 8 tahun Eri diangkat sebagai FO Manajer, lalu pindah ke Akunting selama 3 tahun dan tahun 2003-2004 diangkat jadi marketing sampai 2010.

“Berikutnya pada Tahun 2010 saya pindah dan memegang serta bekerja disalahsatu perumahan (Villa Permata) selama 3 tahun hingga 2013 dan saya berhenti karena hotel tersebut dijual,” ungkapnya.

Tahun 2014 sampai sekarang Eri berwiraswasta dengan berjualan bubur dan nasi uduk didepan rumah yang dibantu putranya.

“Namanya bubur ayam Beklon 05 (belakang kulon, nama kampung, red),” ungkapnya.

“Kalau di Cipanas Plaza ada juga bubur ayam yang dikelolanya dengan nama bubur ayam Ciplaz,” tambahnya.

“Saya bangun jam 3 pagi subuh masak, lalu bubur digelar pukul 7 pagi hingga pukul 10  diserahkan ke anaknya,” tuturnya.

Eri yang baru menjabat Ketua RW 05 sejak tahun 2020, sebelumnya merupakan Sekretaris RW selama 5 tahun.

Eri menutup perbincangannya dengan menyampaikan kegiatan sehari-hari pada pukul 7 pagi usai bubur diserahkan anaknya ia lalu berkeliling ke wilayah dan ke desa.

“Ini saya mau ke rumah sakit, jenguk warga yang sedang dirawat bersama Pak Kades,” pungkasnya.

Mudah-mudah dapat menginspirasi para Ketua RW lainnya dalam menjalankan amanah dan kegiatan ibadah ini.

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait