Temui Bappelitbang, Forum RW Kota Bandung Beri Masukan PIPPK Hingga Insentif RT/RW

Ketua Umum Forum RW H. Lily Maulana saat audiensi ke Bappelitbang Kota Bandung yang diterima Kabid Litbang Bappelitbang Kota Bandung Yuliandri, Jum’at (22/7/2022) / Foto: Forum RW Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Jajaran Pengurus Forum RW Kota Bandung yang dipimpin Ketua Umum Forum RW H. Lily Maulana melakukan audiensi ke  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung. Kunjungan diterima Kabid Litbang Bappelitbang Kota Bandung  Yuliandri di ruang rapat Bappelitbang, Jum’at (22/7/2022).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut jajaran pengurus  FRW Kota Bandung,  Perwakilan Bagian Tapem Setda Kota Bandung, Staf Bappelitbang. Acara audiensi tersebut  juga digelar secara online yang diikuti oleh para Ketua FRW Kecamatan dan Perwakilan mahasiswa.

Bappelitbang Kota Bandung sebagai institusi pengampu unsur penunjang urusan pemerintahan Kota Bandung yang diamanatkan untuk dapat menyelesaikan solusi pemecahan kota melalui rekomendasi, diharapkan mampu mengakomodir kepentingan semua pihak, baik dari sisi pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Baca Juga: Letda Arh Imron Ichwani, Anak Tukang Bubur yang Ingin Jadi Jenderal

Sehubungan dengan itu, Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana menyampaikan beberapa masukan kepada Bappelitbang mulai dari PIPPK, Musrenbang, Profil RW, hingga usulan kenaikan insentif RT/RW yang layak untuk diperhatikan.   

 

Terkait PIPPK, Lily mengungkapkan bahwa saat ini dalam penerapannya terdapat perbedaan di tiap wilayah, dan di beberapa wilayah peran RW cenderung hanya sebagai penerima manfaat.

“Saat PIPPK dirasakan adanya perbedaan dalam penerapannya baik teknis  maupun lingkup kegiatannya. Selain itu item dalam kamus kegiatan masih sangat terbatas, sehingga tidak dapat mengcover kebutuhan / permasalahan wilayah,” ungkapnya.

“Satu sisi proses dan tindak lanjut dalam usulan Musrenbang di setiap wilayah, tidak memberikan kepastian akan dikerjakan. Bahkan terkadang malah turun kegiatan SKPD yang tidak masuk dalam skala prioritas usulan,” tambahnya.

Baca Juga: Menpora: Stadion GBLA Layak Digunakan Persib Bandung pada Liga 1 2022/2023

Disampaikan juga pada pertemuan tersebut, bahwa saat ini Forum RW Kota Bandung tengah melakukan pendataan melalui pembuatan profil RW dan akan disosialisasikan kepada para Ketua RW saat melakukan road show ke wilayah-wilayah dalam waktu dekat ini.

Nantinya profil RW ini tidak saja berisikan data RW dan potensi yang ada di wilayah tersebut, akan tetapi juga bersikan permasalahan dan usulan serta solusinya.

Ketua Forum RW juga menyampaikan usulan untuk dipertimbangkan dilakukannya kenaikan insentif bagi para RT RW dan layak untuk menjadi perhatian.

Di Bagian akhir Forum RW siap bekerjasama dan  mendukung program kerja Bappelitbang Kota Bandung terutama terkait dengan kewilayahan.

Menanggapi hal tersebut Kabid Litbang Bappelitbang Kota Bandung  Yuliandri menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terkait program rencana  pembuatan profil RW di tiap wilayah yang digagas oleh Forum RW Kota.

“Saat ini Bappelitbang tengah melakukan kerjasama dengan beberapa Kampus untuk melaksanakan pembuatan Profil RW. Nantinya para mahasiswa tersebut  akan segera turun ke lapangan dan mengharapkan bantuan dari Forum RW melalui Ketua RW dan RT di wilayahnya masing-masing guna kelancaran tugas tersebut,” ujarnya.

Bappelitbang menyampaikan bahwa saat ini pelaksanaan PIPPK masih perlu disempurnakan dari berbagai segi.

“Mulai dari perencanaan hingga proses pembayarannya. Termasuk  penyempurnaan terkait kode rekening yang kadang membatasi usulan-usulan,” pungkasnya.

Pada akhir pertemuan Bappelitbang sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari Forum RW Kota Bandung.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan penyerahan godybag dari Forum RW yang berisikan AD/ART & PO, Profil FRW Kota, Kaos dan Topi FRW.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait