Mantan Gubernur BI Hadiri Halal Bihalal PPBI Bandung di Bikasoga

Foto: Bicom (Yanis)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dua tahun terbelenggu oleh pandemi COVID-19, dan pertemuan pun  hanya dapat dilakukan secara online, melalui video call, google meeting atau zoom meeting.

Kini diberbagai kalangan masyarakat dengan penuh semangat dapat melepaskan rindu berkumpul dalam suasana Halal Bihalal tak terkecuali Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia Cabang Bandung (PPBI Bandung) yang dengan sangat antusias melakukan pertemuan Halal Bihalal yang digelar di Balai Sartika Bikasoga Kota Bandung berlangsung Senin, (30/5/2022).

Dipantau Beritainspiratif.com dilokasi acara yang dipandu pembawa acara Adik Permana, tingkat kehadiran Halal Bihalal Gedung Balai Sartika Suryalaya Bandung tercatat melampaui target yakni hadir sebanyak lebih dari 200 (dua ratus) anggota PPBI Bandung untuk saling bertemu dan saling melepaskan rindu.

Tampak hadir pada acara Halal Bihalal tersebut Mantan Gubernur Bank Indonesia Burhanudin Abdullah yang juga selaku Dewan Pembina PPBI, Mantan Pimpinan BI Jabar Uun S. Gunawan, Ismet Inono, Nina Azis serta dihadiri pula Deputi Kepala BI Jabar Bidang Ekmon Bambang Pramono dan mantan pimpinan/pejabat dan anggota PPBI Bandung lainnya.

Baca Juga: Penting! Beginilah Cara Bayar Parkir Pada Mesin Parkir Elektronik

Acara yang berjalan dengan hikmat dan meriah ini diisi dengan ceramah/tausyiah yang disampaikan ustadz kondang K.H. Teuku Maulana.

Dalam tausyiahnya Teuku Maulana menyampaikan bahwa orang orang durhaka pada saat dia proses pendorongan ruh, maka orang yang berdosa saat kematiannya wajahnya dipukul keras.

“Jangan biarkan kesempatan hidup ini berlalu, tapi kuatkanlah ibadah karena kita itu sudah dekat…sudah dekat kematian,” terangnya.

“Sampai kalian ditanya empat perkara. Semuanya sama, Allah hanya bertanya hanya 4 perkara,” lanjutnya.

"Halal bi halal adalah budaya saling memaafkan atau saling berkunjung untuk saling bermaafan yang biasa dikemas dalam suasana Halal Bihalal atau Silaturahmi,"  

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Nikah Digital Bagi Keluarga Lama Maupun Baru

Maksud dan tujuan tradisi tersebut adalah sesuai hadits Nabi SAW sebagai berikut:

إِذَا الْتَقَيَا فَتَصَافَحَا تَحَاتَتْ ذُنُوْبُهُمَا 

“Sesungguhnya apabila dua orang islam bertemu kemudian bersalaman maka gugurlah dosa dari keduanya.”

 مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا 

“Tidak ada dua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman kecuali dosa keduanya diampuni oleh Allah swt sebelum mereka berpisah.” (HR. Tirmidzi). 

Baca Juga: Hasil Drawing Pramusim Liga 1 2022, Grup C: Persib, Bali dan Persebaya

Sementara itu Ketua PPBI Cabang Bandung Darwin Nahwan saat ditemui mengungkapkan rasa syukurnya atas penyelenggaraan acara halal bihalal ini dapat terlaksana bahkan dapat dihadiri oleh mantan Gubernur Bank Indonesia Burhanudin Abdullah yang juga memberikan sambutan.

Darwin melanjutkan bahwa Halal bihalal yang dihadiri 200 orang lebih ini, sebagian memang ada yang berhalangan hadir karena faktor kesehatan atau berbenturan dengan acara urgen lainnya.

Darwin berharap kedepannya pensiunan BI tidak hanya berintegritas kedalam, tapi kita mencoba keluar dengan melakukan pembinaan UMKM, maupun anak-anak pensiunan.

“Selain itu juga melalui program sosial dan religi, seperti adanya pengajian bersama, hafidz al qur’an, pendidikan, UMKM kuliner, hydroponik, workshop dan kegiatan lainnya,” terang Darwin.

Baca Juga: UPDATE Pencarian Eril, Tim SAR Lakukan Penelusuran Cara Zig-zag

Tonton Juga: VIDEO HALAL BIHALAL PPBI BANDUNG TAHUN 2022

Sementara itu Direktur PT Bikasoga  Gusti Raizal Eka Putra (akrab dipanggil Gusti, red) menyampaikan terima kasihnya atas penyelenggaraan Halal Bihalal yang digelar di gedung Balai Sartika ini.

“Diharapkan usai 2 tahun tidak bertemu, melalui silaturahmi ini dapat lebih mengakrabkan sesama pensiunan Bank Indonesia,” kata Gusti yang juga pensiunan Bank Indonesia.

“Gedung Balai Sartika ini adalah milik kita semua dan diharapkan para pensiunan dapat memanfaatkannya untuk gathering, wedding, olahraga dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi pensiunan,” terangnya.

“PT Bikasoga dan Bank Indonesia telah melakukan kerjasama (MOU) dan diharapkan para pensiunan dapat mengoptimalkan sarana milik YKKBI ini,” pungkasnya.

Acara halal bihalal ini dilanjut dengan bersalam-salaman saling bermaaf-maafan dan foto bersama.

Dalam acara Halal bihalal ini juga diisi dengan undian doorprize dilanjutkan dengan makan siang dan hiburan yang diisi oleh Organ Tunggal Kang Dede dan penyanyi Kartini.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait