Korlantas: Arus Mudik Lebaran Tahun 2022 Berbeda Dengan Arus Mudik 2019

Ilustrasi Mudik Lebaran / Istimewa


Jakarta, Beritainspiratif.com - Berdasarkan hasil temuan dan pantauan arus mudik dilapangan, Pamatwil Operasi Ketupat 2022 Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, menyampaikan bahwa pergerakkan volume kendaraan musim mudik 2022 sangat berbeda dari musim mudik 2019.

“Musim arus mudik lebaran tahun 2022 ini terdapat anomali yang lain dan berbeda tidak seperti arus mudik 2019 silam,” ucap Dirgakkum Korlantas.

Brigjen Pol Aan menjelaskan berdasarkan data dari Jasa Marga, puncak arus terjadi pada tanggal 29 April kemarin, kemudian ada anomali yang kita lihat ada 70.000 melalui Cikatama. Artinya anomali juga akan terjadi pada saat arus balik.

“Pada 2019 saat H-1 dan hari H arus lalin sudah mulai lenggang. Sedangkan pada mudik tahun 2022 ini pada H-1 memang ada penurunan, namun pada hari H ada peningkatan volume kendaraan sampai 70.000 di Cikatama. Pada H+1 pun ada peningkatan, hingga hari ini berdasarkan pantauan arus kendaraan masih cukup deras. Namun kita sudah mengambil intervensi penambahan kapasitas contraflow hingga dua lajur,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan SE: Inilah Gejala Hepatitis Akut yang Harus Diwaspadai

Brigjen Pol Aan mengingatkan pada arus balik harus diantisipasi betul, jangan sampai lengah mengingat 700.000 lebih kendaraan sebelumnya tercatat mengarah ke timur.

Tak hanya itu, Brigjen Pol Aan menyebutkan di penyeberangan pelabuhan pun terdapat peningkatan kendaraan pribadi.

“Untuk Bakauheni siap-siap dan diantisipasi betul. Jangan sampai membuat permasalahan baru ketika tol tertutup penuh, sehingga arus tidak bisa berjalan. Kemudian untuk di Merak juga antisipasi pertemuan keluar dan masuk jangan sampai terjadi stagnansi,” imbuhnya.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Launching Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Brigjen Pol Aan mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, melakukan virtual meet bersama Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya dan stakeholder dalam rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan antisipasi arus balik mudik 2022, Pos Terpadu GT Kalikangkung, Rabu (4/5/2022). Turut bergabung dalam virtual meet Kadiv Humas, Kapolda bersama Dirlantas wilayah, Dirut Jasa Raharja, perwakilan Dirut Pertamina, perwakilan Dirjen Hubdat, BNPB, Dirut Jasa Marga, ASDP dan seluruh jajaran wilayah dan personel pengamanan.

(YI) 

Baca Juga: 

Berita Terkait