Menang Atas Persija 2-0 Pelatih Persib Kena Kartu Kuning, Ini Sebabnya

Selebrasi para pemain PERSIB. © PERSIB.co.id/Barly Isham


BERITAINSPIRATIF.COM - PERSIB berhasil meraih poin penuh saat menundukan Persija Jakarta 2-0 pada laga pekan ke-28 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa 1 Maret 2022.

Tim asuhan Robert Alberts tampil efektif saat menyerang meskipun secara statistik penguasaan bola berimbang. PERSIB pun lebih unggul dalam menciptakan shoots on target dibandingkan lawannya.

Strategi yang diterapkan tim pelatih pun cukup jitu. Laga baru berjalan 15 menit, David Da Silva berhasil membobol gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa. Berawal sepak pojok Marc Klok, yang langsung disambar David dengan sepakan kerasnya.

Baca Juga: Ada 14 Provinsi, Konsisten Catat Penurunan Kasus COVID-19

Pelatih PERSIB, Robert Alberts menilai pertandingan berjalan cukup panas dan sulit. Namun, anak asuhnya dapat bermain sangat bagus. Pelatih asal Belanda tersebut mengungkapkan timnya pantas untuk mendapatkan kemenangan.

Dikatakannya, pertandingan dimulai dengan kedua tim yang tampil hati-hati. Namun perlahan PERSIB mulai bermain lebih cepat dan mampu membuat peluang. Lalu setelahnya mulai berimbang. 

"Tapi saya bisa bilang, kami bermain lebih membahayakan ketimbang Persija. Lawan adalah tim bagus dan kami menghormati mereka. Tapi secara keseluruhan kami layak mendapat kemenangan hari ini," kata Robert seperti diungkap Persib.co.id.

Baca Juga: Dipakai Beberapa Kota, Mesin di TPA Gedebage Bisa Olah Berbagai Jenis Sampah

Kemenangan semakin meyakinkan ketika melihat daya juang Henhen Herdiana dan kawan-kawan di babak kedua. PERSIB mampu menciptakan banyak peluang meskipun hanya menambah satu gol melalui David da Silva pada menit 84. 

"Jadi saya pikir, kami telah menunjukkan penampilan yang kuat walau hanya memiliki beberapa hari untuk mempersiapkan tim menghadapi laga ini," ucapnya. 

Di menit-menit akhir, PERSIB memilih untuk fokus bertahan. Penyerang asal Brasil, Bruno Cantanhede ditarik keluar untuk digantikan oleh Dedi Kusnandar. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan PERSIB.

Pelatih Persib Kena Kartu Kuning

Wasit pada laga Persib vs Persija memberikan kartu kuning kepada pelatih Persib Robert Rene Alberts.

Alberts diberikan kartu kuning saat dia sedang duduk sembari memperhatikan jalannya laga di bench pemain.

Pemberian kartu kuning kepada pelatih, karena wasit menganggap yang bersangkutan melakukan protes keras, meskipun dilakukan oleh pemain cadangan. 

"Saya masih tertawa mengenai hal itu. Seperti yang kita semua tahu penampilan wasit hari ini bukan yang terbaik," kata Alberts seusai laga melawan Persija dikutip ANTARA.

Baca Juga: 6 Jenis Vaksin Booster COVID-19 yang Dipakai di Indonesia

Alberts menjelaskan kronologi kartu kuning yang didapatkannya karena ada salah satu orang yang berteriak mengomentari wasit. 

Setelah itu wasit Fariq Hitaba pun menghampiri bench pemain Persib, dan langsung mengacungkan kartu kuning kepada Alberts.

Alberts mengungkapkan, alasan wasit memberinya kartu kuning adalah karena pemain Persib yang melontarkan komentar tersebut, maka pelatih lah yang harus mendapatkan kartu kuning.

"Saya rasa orang yang duduk di bangku belakang (bench) melontarkan komentar mengenai beberapa keputusan wasit," ucap Alberts.

Alberts tidak mengetahui dasar aturan yang digunakan wasit dalam memutuskan kartu kuning kepadanya.

Ini menjadi pengalaman pertamanya mendapatkan kartu kuning meski tak melakukan kesalahan apapun.

Susunan pemain PERSIB: 

Teja Paku Alam (GK), Victor Igbonefo (c), Nick Kuipers, Henhen Herdiana, Ardi Idrus (83), Mohammed Rashid, Marc Klok, Bruno Cantanhede (89), Frets Butuan, Beckham Putra (68), David da Silva.

Cadangan: M. Natshir (GK), Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Zalnando (83, Bayu Fiqri, Dedi Kusnandar (89), Abdul Aziz, Esteban Vizcarra, Ezra Walian, Erwin Ramdani (68).

Lima Besar Klasemen Sementara Pekan 28:

1. Bali United FC dengan point 60

2. Persib Bandung dengan point 57

3. Arema FC dengan point 55

4. Bhayangkara FC dengan point 55

5. Persebaya Surabaya dengan point 54

(AA)

Baca Juga:  

Berita Terkait