Kota Bandung Akan Fokus Jadi Kota Kreatif Dunia Hingga 2030

Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat diskusi bersama Markplus pada Kamis, (27/1/2022) / Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggait salah satu jasa konsultan branding terbesar, Markplus Inc demi kemajuan berbagai bidang untuk mencari branding terbaik Kota Bandung.

Kota Bandung, sebuah kota yang menyimpan banyak harta karun keindahan. Terkenal dengan kulinernya, kreativitas warganya, ragam tempat wisata, dan rindangnya pepohonan.

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggait salah satu jasa konsultan branding terbesar, Markplus Inc.

Baca Juga: Kenali Ciri dan Cara Pencegahan Penularan Omicron

Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, kerja sama ini dibangun sebagai bentuk mencari branding terbaik untuk Kota Bandung.

"Bandung ini punya banyak sekali potensi. Kami ingin menonjolkan satu potensinya sebagai branding untuk Kota Bandung dalam jangka waktu yang lama. Agar Bandung bisa menjadi kota dunia," ujar Yana.

Dalam diskusi bersama Markplus pada Kamis, 27 Januari 2022, Founder and Chairman Markplus, Hermawan Kartajaya menjabarkan, jika konsep branding terbaik untuk Bandung sampai 2030 adalah Bandung Kota Kreatif.

"Kreatif ini dalam banyak hal. Bukan hanya dari industri ekonomi kreatif, tapi juga dari segi kreativitas berbasis seni dan lingkungan," jelas Hermawan.

Baca Juga: KOMPAK! Kowal dan Polwan Ngamen Bareng di Bunderan HI

Menurut Hermawan, meski isu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memang tergolong seksi, tapi Kota Bandung harus mencari strategi lain dengan sudut pandang yang lebih makro.

"Semua kota akan mengembangkan UMKM. Tapi saya pikir, Kota Bandung bisa meningkatkan di segi industri kreatif. Bandung Barat jadi wisata agronya, sedangkan Kota Bandung jadi industri kreatif berbasis seni," jelasnya.

Bahkan, imbuh Hermawan, dari segi lingkungan pun bisa menjadi kreativitas tersendiri yang bisa dikembangkan Kota Bandung.

"Harapannya, Kota Bandung juga nanti bisa membuat pengolahan sampah menjadi energi terbarukan," tuturnya. 

Sebagai info tambahan, pada tahun 2020 terdapat sekitar 116 kota yang sudah tergabung dalam kota kreatif atau UNESCO Creative City Network yang terbagi menjadi tujuh kategori. 

Adapun kategori yang ada antara lain Kerajinan & Kesenian Rakyat, Desain, Film, Gastronomy, Sastra, Media, dan Seni Musik. Dalam hal ini, Kota Bandung terpilih dalam kategori desain. 

(RV)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Pemilu 2024 Disepakati Digelar 14 Februari

Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster
Kominfo Ingatkan Tidak Bagikan 11 Data Ini ke Medsos

Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron dari Kemenkes

Apa Itu NFT? Mengapa Nilainya Tinggi, Ini Kata Pakar Unpad!

Berita Terkait