17 Tahun Tsunami Aceh, Ridwan Kamil Ziarah ke Kuburan Massal Korban

Ridwan Kamil saat ziarah kubur korban tsunami Aceh 2004 di area kuburan massal Ule Lheue Banda Aceh, Minggu (26/12/2021) / Humas Jabar


KOTA BANDA ACEH, BERITAINSPIRATIF.COM - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil ziarah kubur korban tsunami Aceh 2004 di area kuburan massal Ule Lheue Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).

Ziarah tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan 17 tahun Tsunami Aceh, di mana Ridwan Kamil diundang oleh masyarakat Aceh untuk hadir pada momen rutin tersebut.

Baca Juga: Menuju BBM Ramah Lingkungan, Premium dan Pertalite Akan Dihapus?

Ridwan Kamil tiba disambut Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama jajaran Forkopimda dan langsung melakukan doa bersama serta tabur bunga.

"Saya tentu mengikuti tradisinya dimulai dengan berdoa di pemakaman massal ini di mana peristiwanya sangat luar biasa tentulah tidak bisa semuanya satu-satu dimakamkan dengan syariat yang memadai tapi apapun itu dalam kedaruratan tentu dilaksanakan seperti yang kita lihat sekarang," ucap Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Teteskan Air Mata di Sumur Doa Museum Tsunami Aceh

Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, masyarakat Jabar dan Aceh memiliki ikatan erat. Salah satunya terlihat dengan adanya makam pahlawan Aceh Cut Nyak Dien di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat yang terpelihara dengan baik.

"Masyarakat Jabar selalu bersaudara erat dengan masyarakat Aceh, kita juga selalu memelihara makam Cut Nyak Dien di Sumedang, seorang pahlawan Aceh yang luar biasa," ujarnya.

Kang Emil pun mendoakan masyarakat Aceh agar selalu diberikan masa depan yang lebih baik. Kang Emil meyakini ada hikmah dalam peristiwa pilu 17 tahun silam yang merenggut nyawa ratusan ribu warga Aceh itu.

"Jadikan momen peringatan Tsunami Aceh ini sebagai hikmah bahwa Allah memberikan takdir tentu ada maksud agar kita bisa lebih baik," tuturnya.

Usai ziarah kubur, Kang Emil beserta Gubernur dan masyarakat Aceh kemudian menghadiri zikir dan doa bersama di area Pelabuhan Ule Lheue.

(Yanis)

Baca Juga:

Gubernur Pastikan Seluruh Alun-alun di Jabar Ditutup saat Nataru

6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

BI-FAST Resmi Diluncurkan, Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

Berita Terkait