BNN RI Beri Penghargaan Forkopimda Kota Bandung, Termasuk Alm. Mang Oded

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menerima penghargaan dari Kepala BNN RI yang diserahkan Irjen Pol. Sufyan Syarif, Jum'at (24/12/2021) / Foto: BNN Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Penanganan permasalan narkoba, selain upaya pemberantasan ada hal yang tidak kalah penting yaitu upaya penyembuhan. Ini sudah menjadi teori dunia, bahwa penanganan dalam suatu tindak penyalahgunaan narkoba, tidak cukup hanya pemberantasan saja, akan tetapi ada hal yang lebih penting, yaitu bagaimana upaya penyembuhan melalui rehabilitasi bagi seseorang yang terlanjur menjadi pecandu.

Hal itu disampaikan, Irjen Pol. Sufyan Syarif, saat menyerahkan piagam penghargaan Kepala BNN RI, Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kepada jajaran Forkopimda Kota Bandung atas pencapaian penguatan dan fasilitasi Implementasi P4GN dalam rangka mewujudkan Kota Bandung bersih narkoba tahun 2021 di Ruang Rapat Tengah Balai Kota Bandung, Jawa Barat Barat, Jumat, (24/12/2021).

Menurutnya, dalam upaya rehabilitasi ini, Tim Terpadu P4GN Kota Bandung dengan melibatkan sejumlah komponen masyakat yang tergabung dalam IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) melalui Kelurahan Bersinar, telah melakukan pendampingan bagi para korban penyalahguna narkoba yang direhabilitasi.

"Jadi kalau para pengguna narkoba mempunyai itikad baik, tentu mereka tidak ditahan, akan tetapi disembuhkan melalui program TAT," ujar Sufyan.

Baca Juga: Libur NATARU, Kota Bandung Siapkan 20 Titik Pos Pengamanan

Ia mengatakan, program TAT atau tim assment terpadu, yang di dalamnya merupakan penyidik polisi, BNN, jaksa, dokter dan psiater, disiapkan untuk melayani dan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi seseorang pengguna yang ingin direhabilitasi. Langkah ini merupakan kesepakatan bersama antara Kemenkumhan, Kejaksaan, Polri dan BNN. Untuk di Kota Bandung sendiri, program TAT ini sudah berjalan dengan baik.

Karena, permasalahan narkoba, harus ditangani secara komprehensif, artinya tidak hanya bergantung pada Polri, BNN atau Pemda semata, ak akan tetapi harus melibatkan seluruh stakeholder, termasuk masyarakat untuk dapat secara bersama-sama dapat meregulasi, melatih, mencegah, merehab dan memberantas penyalahguna narkoba.

Berikut nama- nama yang mendapatkan penghargaan dari Kepala BNN RI, atas pencapaian penguatan dan fasilitasi Implementasi P4GN dalam rangka mewujudkan Kota Bandung bersih narkoba (Bersinar) Tahun 2021 yakni:

1. Walikota Bandung, Alm. H. Oded Mohamad Danial S.A.P

2. Wakil Walikota Bandung, H. YANA MULYANA, S.E., M.M

3. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Drs. H. Ema Sumarna, M.Si

4. Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT. M.M

5. Dandim 0618/BS, Kol. Inf. Sapta Budhi Purnama

6. Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. H. Aswin Sipayung S.I.K., M.H.

7. Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Muhammad Iwa Suwia Pribaws, S.H.

8. Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Denu Yus Danial, S.IP, M.H,

9. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung, Drs. H. Bambang Sukardi,M.Si,

10. Kepala Satnarkoba Polrestabes Bandung, AKBP. Ricky Hendarsyah, S.H.

(Yanis)

Baca Juga:

6 Kelurahan Raih Penghargaan Lomba BBGRM Tingkat Kota Bandung Tahun 2021

BI-FAST Resmi Diluncurkan, Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp2.500

Vaksinasi Dosis Pertama di Kota Bandung Lebihi Target 100 Persen

KEREN, Kabel Udara di Kota Bandung Kini Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jabar

Inmendagri NATARU Terbit Berlaku Mulai 24 Desember, Inilah Aturannya

Pengamanan NATARU, Polri Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Indonesia

Berita Terkait